-->

Rabu, 08 Februari 2012

Accoustic awesome: Lagu-lagu akustik yang bisa bikin lo keren

Kalo lo gak punya gitar elektrik dan tetep ingin mendapat perhatian hanya dengan menggunakan gitar akustik, sebaiknya lo tahu betul lagu apa yang bisa bikin lo keren hanya dengan mengandalkan gitar akustik. Serius, banyak musisi maupun band di dunia yang juga keliatan keren nya kalo maen akustik. Bisa dari penampilan, lirik yang sentimentil, maupun dari notasi bunyi dan nada yang dihasilkan gitar yang lo maenin. Dan satu lagi, kadang jika sebuah lagu di transformasiin ke dalam akustik, kualitas sang vokalis bisa keliatan keren enggak nya. Kan ada aja tuh vokalis yang 'kebantu' sama musik nya. jadi, akustik itu bisa jadi ukuran seberapa berani si vokalis buat nunjukkin kualitas nya. Lagu-lagu akustik ini dikasih keterangan kok, jadi lo bisa tahu kenapa lagu tersebut gw cantumin di sini. Sekali lagi, ini murni berbagi dan bukan menggurui. Gw sendiri gak bisa maen gitar, tapi begitu ngedengerin lagu-lagu akustik ini, jadi terasa lagu tersebut memiliki nyawa. Selamat berakustik dan mendapatkan perhatian orang di sekitar :) Ada link yang menghubungkan ke lagu yang bersangkutan. Jadi memudahkan kalian untuk mengetahui lagu yang dimaksud.

1. To Be With You (Mr.Big)

Lagu To Be With You ini aransemen nya memang berformat akustik. Gitaris nya, Paul Gilbert, memberikan solo gitar yang agak pendek tapi sarat akan kejutan. Bagus kalo lo bisa maenin solo nya. Ngerasa kalo lo naek level setelah lo bisa maenin lagu ini. Hehe.

2. Wanted Dead Or Alive (Bon Jovi)


Lagu ini jadi semacam national anthem nya Bon Jovi. Jelas kekuatan lagu ini terletak di bagian intro yang dimenin si gitaris nya, Ritchie Sambora. Nada yang dihasilkannya beneran mamerin tehnik ngeblues dan juga menghadirkan suasana kehidupan keras para koboi. Jaman dulu, gitar akustik itu dianggap kurang keren buat band rock, kecuali gitar dengan 12 senar.

3. Patience (Guns n' Roses)


Pertama kali denger lagu ini pas SD, gila gw kaget ngedenger suara clean nya AXL. Gw pikir AXL itu cuma bisa nyanyi yang teriak-teriak khas gitu, dan ternyata enggak. Lagu ini cukup lembut. Kalau lo punya paartner gitar, maenin lagu ini dengan lancar dan fasih akan bikin orang yang gak tau bertanya tentang kepemilikan lagu tersebut. Satu lagi, sebuah keuntungan kalo lo bisa siul. Cocok untuk bersenandung.

4. More Than Words (Extreme)

Nuno Bettencourt adalah orang yang harus bertanggung jawab terhadap aransemen yang menantang ini. Petikan gitar nya bikin gitaris amatir ingin sekali menguasainya karena tehnik nya yang unik bikin berbeda dibandingkan dengan lagu akustik lainnya. Lagu ini juga sering dibawain sama Westlife loh.

5. Angie (The Rolling Stones)

Rasanya mustahil kalau ada penggemar musik (terutama musik rock) yang gak kenal The Rolling Stones. Memainkan lagu ini adalah salah satu kesempatan buat lo biar lo juga dianggap punya pengetahuan musik yang luas. Apalagi genit-genit nya Mick Jagger bisa bikin lo ngerasa genit saat niruin nya.

6. Stairway To Heaven (Led Zeppelin)

Intro awalnya petikan gitar akustik yang betul-bteul menggalau. Nada nya manis. Emang sih gak sepenuhnya akustik, apalagi vid diatas itu vid live yang mana Jimmy Page maen gitar elektrik double neck. Tapi coba deh denger versi studio nya. Oh iya, di lagu Aku Tidak Sinting nya Doel Sumbang, intro nya nyaris mirip 100% dengan intro lagu ini.

7. Dust In The Wind (Kansas)
Aransemen lagu nya pake petikan. Sangat kuat. Lagunya juga enak. Lo dituntut bisa maenin lagu ini dengan satu cara; sempurna dalam hal petikan dan juga tempo nya. Kalau lo punya temen yang jago maen biola, bisa lo ajak duet. Oh iya, katanya sih ini lagu pernah di daur ulang sama Scorpions dalam format akustik juga.

8. When The Children Cry (White Lion)
Gitar akustik cocok buat lagu-lagu yang liriknya sentimentil, seperti di lagu ini. Ini betul-betul tembang perdamaian. Meski pas di melodi nya itu pake gitar elektrik, tapi tetep lagu nya emang enak dan unsur akustiknya kental sekali. Vokalis di band ini, Mike Tramp adalah suami dari Ayu Azhari.

9. Good Riddance (Time of Your Life) (Greenday)

Siapa bilang band punk haram bikin lagu akustik? Di beberapa lagu Greenday, banyak banget lagu yang ada unsur akustik nya. Seperti Wake Me Up When September Ends, Boulevard of Broken Dreams, dan juga lagu ini. Lagu ini lah yang terkuat. Ada unsur folk nya dan sangat cocok dinyanyikan bagi lo yang ngerasa kuat saat kehilangan malaikat lo.

10.  Road Trippin' (Red Hot Chili Peppers)


Lagu ini amat sangat asyik dinyanyiin saat di alam terbuka. Seperti camping. Ada unsur biola nya juga disini.

11. Sempurna (Andra & The Backbones)


Project Andra ini awalnya memuat lagu Musnah sebagai single pertama nya. Namun kekuatan nya makin terasa di lagu akustik ini. Lirik nya pun sangat manis. Bahkan Gita Gutawa sempat ngedaur ulang lagu ini dan hasilnya pun sama bagusnya dengan versi akustik ini.

12. Ibu (Iwan Fals)

Petikan gitar di lagu ini dimainkan oleh Ian Antono (gitaris God Bless). Lirik nya amat menyentuh. Silahkan nyanyikan lagu ini dan resapi makna nya. 

13. Terlalu Manis (Slank)

Terlalu Manis ini dibikin Bimbim dan dikenal publik saat Slank beranggotakan Bimbim, Pay, Kaka, Bongki, dan Indra Q. Ada dua versi. Versi Suka-Suka dan versi Jualan. Namun justru versi suka-suka lah yang lebih kuat. Ada permainan harmonika dari Kaka disitu. btw, video di link tersebut adalah Slank formasi 14, dimana Pay, Bongki dan Indra sudah keluar. 

14. Syair Kehidupan (God Bless)


God Bless bukan cuma Achmad Albar dan Ian Antono seperti pada gambar. Tapidi algu ini, keduanya lah yang punya pengaruh kuat dalam lagu tersebut. Cocok untuk dinyanyikan malam hari di dingin malam dan lo sendirian, cuma ada gitar, rokok, dan sebotol anggur.

15. Unintended (Muse)

Terakhir, lagu Unintended ini sangat unik karena lagu nya yang kuat unsur akustik nya, tapi tehnik bernyanyi nya yang make falsetto nya bikin lagu tertantang buat bisa kuasain emosi saat bermain gitar dan bernyanyi.


Nah, udah ditulis tuh. Jadi jangan beralasan kalo gak punya gitar elektrik lo kehilangan semangat bermain gitar. Masih banyak cara untuk menjadi keren dan dapetin perhatian orang sekitar. Dan di pos ini banyak gw masukin lagu rock jadul. Sengaja. Biar lagu-lagu tersbut bisa turun-temurun dan bisa kita warisin ke anak cucu kita. Lagu- lagu yang diciptakan dengan darah, keringat dan air mata.

Sekarang, ambil gitar dan tunjukkan pada dunia semua cipta karya kita..


Referensi : GitarPlus edisi April 2005
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner