-->

Selasa, 21 Februari 2012

Asal mula lagu Sweet Child O' Mine (Guns n' Roses)


Siapapun yang suka musik rock, mustahil kalo gak kenal siapa itu Guns n' Roses. Band ini sempat besar dan jaya di era 90' an. Banyak lagu-lagu nya yang menjadi hits dan disukai oleh banyak orang, bahkan sampai sekarang. Diantaranya Welcome To The Jungle, Paradise City, Don't Cry, November Rain, maupun Sweet Child O' Mine.Banyak lagu-lagunya berisi suara gitar dan melodi yang sangat menarik, menantang, dan berkelas. Era dimana gitar menjadi menu wajib untuk sebuah group band dialami pula oleh Guns n' Roses ini. Dan diantara lagu-lagu diatas, orang sudah terlanjur jatuh cinta pada lagu Sweet Child O' Mine ini. Karena debut album nya Appetite For Destuction, yang membuat mereka terkenal dan mendapat banyak perhatian, lagu itu lah yang menjadi single manis dari sebuah group rock. Ada cerita menarik di lagu tersebut. Asal mula lagu ini, gw ceritain disini. Tentu nya bukan versi gw. Tapi ini gw dapet dari Rolling Stones Magazine eds 2008, tentunya dengan bahasa gw. Kecuali untuk quote2 nya sih, itu original seperti yg tertera di artikel nya. credit to: Brian Hiatt.

Slash, lead gitar dari GnR saat itu sedang duduk di lantai rumah kumuh Guns n' Roses di East Hollywood di tahun 1986. Saat itu dia bermain-main dengan sebuah melodi manis dan berulang-ulang. "Itu adalah pattern yang menarik," kata Slash. "But Jesus Christ, saya tak pernah berpikir itu akan menjadi lagu." Slash terus bermain dan gitaris satu lagi yang bernama izzy Stradlin ikut mengiringi dengan memainkan chord yang sederhana. Tanpa diketahui oleh mereka berdua, Axl, vokalis GnR ikut menguping dari lantai atas, Dan saat itu juga dia mulai menulis lirik.

Besoknya pas band itu mau latihan, GnR menciptakan apa yang kelak akan jadi lagu Sweet Child O' Mine itu. Slash menentang hal itu karena menganggap lagu tersebut terlalu ringan untuk ukuran band thras metal sekelas GnR. Tapi akhirnya Slash mengalah. Sebagai gantinya, Slash mengeluarkan kehebatannya bermain gitar di solo nya yang ada di akhir lagu. "Itu adalah kombinasi berbagai pengaruh. Dari Jeff Beck, Cream, Zeppelin hingga hal-hal yang akan membuat anda terkejut: solo dalam 'Blinded by the Light' nya Gerry Raffertty." Walau solo itu kompleks, tapi intro lagu tersebut yang lebih menantang dan mampu berputa-putar di kepala para pendengar. "Sekarang mudah, tapi di masa-masa awal itu sangat berat. Terutama karena saya banyak minum alkohol dan memakai zat-zat kimia lainnya. Saya benci memainkan lagu itu selama berahun-tahun."

Sampai sekarang, lagu ini banyak disukai terlebih lagu ini masuk dalam game Guitar Hero 2. Sosok Slash yang sangat iconic (topi tinggi, rambut kriwil, dan gayanya) sangat dipuja. Di video klip nya, itu versi pendek dari lagu original nya yang mencapai 6 menitan.

Biar gak penasaran, berikut gw kasih vid nya (meski gampang buat lo nyari lagu tersebut di Youtube). Hehe.

Dan berikut liriknya yang ditulis oleh Axl.


She's got a smile that it seems to me
Reminds me of childhood memories
Where evrything
Was as fresh as the bright blue sky
Now and then when I see her face
She takes me away to that special place
And if I stared too long
I'd probably break down and cry
Sweet child o' mine
Sweet love of mine

She's got eyes of the bluest skies
As if they thought of rain
I hate to look into those eyes
And see an ounce of pain
Her hair reminds me of a warm safe place
Where as a child I'd hide
And pray for the thunder
And the rain
To quietly pass me by
Sweet child o' mine
Sweet love of mine
Where do we go
Where do we go now
Where do we go
Sweet child o' mine
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner