-->

Jumat, 05 Oktober 2012

Tawuran? No!



Berhubung yang punya laptop nya gak jadi ngambil barang nya, jadinya ini laptop nginep lagi di tempat gw. Hm… Seru juga yah punya laptop atau komputer pribadi. Bisa ngetik naskah buat di blog, atau bikin karya, ngedit foto2 dll. Kalo ada rezeki lebih mau nabung buat beli ah. Amien.
Nah, karena laptop nya masih di gw, kali ini pun gw nulis materi buat di blog. Jadi nanti tinggal copy, terus di paste di blog gw pas ol ke warnet. Tulisan ini mau bahas tentang tawuran yang belum lama ini lagi happening banget samoai-sampai banyak media yang ngeliput dan di debatkan di acara-acara televise. Gw emang gak paham tentang tawuran. Tapi seenggaknya gw tau sedikit dan punya pengalaman tentang tawuran dari obrolan temen-temen maupun apa yang gw alami yang yah, tentu saja sebagai penonton atau lebih tepatnya rakyat biasa. Jadi tulisan ini gak ada apa-apa nya dengan kalian yang sudah pernah ikut tawuran.

Tawuran sekolah yang belakangan ini kembali bergejolak, bikin tanda tanya dan menduga-duga orang banyak, salah satu nya gw. Kemaren, waktu ada anak SMA 6 Jakarta yang tewas dibacok anak SMA 70, tiba-tiba dunia berita geger. Kok bisa yah, sekolah yang Cuma berjarak sekian meter bentrok? Kemudian muncul jawaban dari orang yang merasa tahu. Oke. Gw share dulu yah tentang hal yang kaya gini. Kembali ke zaman gw sekolah di SMP 16 Tangerang atau biasa dikenal dengan nama Chap-Toen (dulu namanya SMP 10, makanya namanya Chap). Sekolah gw ada di Jln Veteran. Di sepanjang jalan itu, ada tiga SMK dan STM. STM 80, SMK 2 yang lebih dikenal dengan nama Pachoel karena lebih fokus ke Pertanian, sama STM Yuppentek. Yuppentek dan 80 bersebelahan, sedangkan Pachoel ada di sebrangnya. Ketiga sekolah ini setau gw selama sekolah disitu, gak pernah bentrok. Mereka lebih memilih gabung buat nyari musuh bareng. Biasanya sih musuh bebuyutan 80 itu 4 Cikokol. Pernah waktu gw masuk siang, anak2 STM itu kumpul dan ngebajak bis. Gak tau deh, Cuma sekadar BM atau nyari musuh. Karna saat itu, gw denger2 mereka mau nyerang Boedoet. Mereka gabungan buat ngelawan itu. See? Harusnya sih kalo mau tuh 6 sama 70 Jakarta gabung. Jangan berantem sama yang ‘satu RT’.
Timbul pertanyaan lain. Loh, bukannya SMA 6 sama 70 itu favorit dan diisi oleh orang-orang intelek karna masuk nya agak susah? Hm…. Gw gak tau. Dan emang bener sih, kalo zaman dulu tuh waktu awal-awal dihilangkannya system NEM (Nilai Ebtanas Murni), masih banyak kasus tawuran di Tangerang. Karena udah pasti lulus. Waktu pake system Ujian Nasional, baru lah tawuran mulai berkurang drastis. Terus adanya motor, handphone waktu itu jadi semacam ‘pengalihan’. Sekarang, di zaman yang jauh lebih maju, jauh lebih berkembang dan jauh lebih banyak pengalihan, kok masih bisa yah kasus tawuran ada lagi apalagi sampai minta nyawa? Ada warnet, iPad, dan kesenangan lainnya.Udah gitu, emang nya gak pusing yah sama pelajaran di sekolah yang biasanya lanjut kursus atau ekskul? Kan secapek dan seletih itu, mending pulang terus tidur. 

Beberapa hal tentang tawuran yang gw tau :
1. Sekolah Voctech di Cimone diancam sama warga kalo masih sering tawuran. Katanya, sekolah nya mau dibakar. 

2. Ada semacam jagoan di 80, namanya Bayu atau lebih dikenal dengan nama Kiroen. Gw gak tau reputasi nya kaya gimana, Cuma gw punya cerita unik. Nah pas di SMA, gw sekelas sama adeknya. Itu pun setelah denger cerita nya dia dan temen-temen yang lain.

3. Di Daan Mogot, konon ada rumor bahwa tiap hari Kamis itu agenda buat tawuran pelajar. Bener juga sih. Gw pernah ngalamin pas hari Kamis lewat situ, itu ada tawuran. Gak Cuma sekali, tapi beberapa kali gw lewat pas hari Kamis, itu emang ada tawuran. Menyebalkan. Hati-hati.

4. Temen kerja gw waktu itu cerita pas dia pulang dengan cara BM (dia anak STM juga), lewat Cikokol dan ada anak 4 lagi nongkrong. Mereka terriak “Woi anak mana lo?” Temen gw jawab “Ngelamar kerja, Setan!!” karna saat itu dia emang pake putih item. Disangkanya musuh.wkwkwkwk

5. Katanya, kalo ada rombongan anak STM yang lagi konvoi (biasanya bajak bis atau truk), terus ngeliat anak sekolah lain itu mereka akan nyerang atau memprovokasi. Cuma, ada satu kondisi dimana mereka gak akan nyerang meski itu adalah musuh bebuyutan nya. Itu adalah jika musuhnya lebih sedikit. Contoh, di truck ada 10 orang dan ada musuh nya 4 orang, itu gak akan diserang. Dalam hati dan pikiran mereka, mereka berpikir bahwa gak akan seru dan gak imbang.

6. Pernah yah temen gw cerita bahwa ada satu sekolahan di serang sama sekolah lain HANYA satu. Gw lupa-lupa inget. Itu yah, sampai diserang bagaimana pun gak mempan. Sampai ada yang bilang  untuk nyerang bayangan nya. Ternyata betul, pas diserang bayangannya, dia kesakitan. Gila yah, sampai segitu nya.
Dulu tuh sering ada kabar bahwa tiap ada sekolah yang berulang tahun, mereka akan mencari kuping, jari, dll dari sekolah lain sebagai kado buat sekolah nya. Satu-satu nya cara yah tawuran.

7. Tiap mau tawuran, biasanya kedua pihak "janjian" terlebih dahulu. Satu pihak ngirim surat kaleng. Isinya ajakan untuk tawuran dengan bahasa yang "baik dan santun". Contoh: "Kami STM XX akan menabur bunga pada 4 Oktober 2012 di depan Terminal Poris, Kami siap menyambut." Surat tersebut dikirim nya bukan pake Pos atau JNE. Tapi pake kaleng (mungkin juga botol) terus di lempar ke sekolahan nya. 

Senjata yang sering dipake kalo tawuran itu adalah:
a.       Tongkat. Tongkat ini memiliki jangkauan serang yang besar. Biasanya yang megang tongkat berada di baris depan.Gak ngerti juga mereka dapet tongkat dari mana.
b.      Gir. Nah ini yang biasanya jadi favorit orang tawuran. Gir bisa menghasilkan damaged yang besar. Selain itu, cara pakai nya terkesan gagah. Memutar-mutar tali gir buat bikin takut musuh.
c.       Batu. Ah ini sih tau. Batu yang ada di sekitar tinggal lempar-lemparin. Umum.
d.      Senjata tajam. Bahaya nih, Dari pedang, samurai, parang dll,. Malah katanya ada yang sampai dilumuri racun segala. Wiiiii serem…
e.      Lain-lain. Ini bisa seperti bom Molotov, compressor yang mengeluarkan api, atau ketapel.

Yah dari situ kita bisa berpikir lah, semoga gak ada lagi yang namanya tawuran. Masyarakat resah, orangtua dan keluarga cemas. Mereka belum ngerasain susahnya cari kerja. Masa muda jangan disia-siain. Bikin prestasi. Bikin band, atau aktif berolahraga. Jadi musisi, atau jadi atlit. Jadi pengusaha. Yang berguna dan bisa dibanggain. Kalo ngerasa bangga bisa ngebacok orang bahkan sampai membunuh orang,… sepertinya ada yang salah dengan isi kepala nya.  

Namun harapan ngeliat SMA 6 dan 70 damai, Cuma klise semata. Denger2 anak 70 kirim setangkai mawar putih buat KepSek 6 dan bikin rangkaian bunga gede tanda berduka cita buat siswa 6 yang tewas. Hm…. Jadi inget kata-kata JRX bahwa: “Kebencian yang dilapisi gula, tetaplah kebencian. Kenali musuhmu.”
So…???


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner