-->

Senin, 01 Desember 2014

Sedikit Liputan Jakarta Blues Festival 2014



Keberuntungan sering kali mendampingi seorang pemberani…

Ini adalah kalimat yang pertama teringat di kepala gw setelah apa yang gw alami pada saat itu. Sebuah kalimat dari seorang teman SMA yang dia tulis di binder gw. Kalimat yang gw rasa mungkin ada benernya pas gw inget lagi semua rentetan kejadian yang gw alami.

Kejadian itu terjadi pas gw nonton event tahunan Jakarta Blues Festival 2014 di Hall Basket Senayan. Tahun lalu gw juga dateng ke acara ini tapi tempatnya di Istora. Meski beda tempat, tapi secara konsep sama aja sih. Namanya juga festival, pasti stage-nya lebih dari satu dan artisnya juga banyak.

****



Gw datang ke venue sekitar jam 5 lewat dikarenakan gw harus kerja dulu. Di tengah hjan intensitas sedang, gw sendirian naek motor gw ke Hall Basket Senayan. Seharusnya sih berdua sama saudara gw yang taun lalu nemenin gw ke JakBlues. Tapi berhubung dia ngebatalin pas Hari-H, jadilah gw sendirian ke JakBlues.

Sesampainya di pintu parkiran masuk area GBK, gw langsung ambil kiri, arah motor di depan gw yang juga belok kiri. Sesampainya di parkiran dadakan, gw bisa berpikir bahwa gw salah tempat. Apalagi di sebelah gw ada banyak tenda, juga ada kumpulan orang yang baru turun dari mobil sambil bawa tag. Gw bisa duga mereka adalah talent, meski mungkin cuma session player. Damn. Salah tempat gw.


Tapi gw tetep aja di situ sambil santai dan ngerapihin jas hujan yang gw pake sejak dari Ciledug. Pas gw mau masukkin ke bagasi motor, gw liat ada tag acara sebelumnya di mana gw ikut lomba. Tag Hellofest! Muncullah ide untuk memakai tag tersebut. 


Ngerasa udah rapih, gw jalan kea rah gerbang yang dijaga sama security. Dengan tag Hellofest yang gw balik (cuma keliatan kertas putihnya aja), akhirnya gw sok asik aja masuk ke dalam venue yang emang gak dijaga. Jadi si security cuma ngejaga gerbang buat masuk ke Hall aja. Sedangkan kalo udah di parkiran khusus artis itu, kaga ada penjagaan. Buktinya gw pas udah di dalem udah bisa membaur sama penonton, media, artis, SPG, panitia, dll.

Tentu aja gw ngerasa sangat bersyukur dan beruntung bisa masuk ke dalam venue dengan cara kaya begini. Mungkin rezeki anak sholeh yah.

***

Mencari toilet adalah tujuan pertama gw sesampainya di sana. Cuaca dingin sepanjang perjalanan bikin ekresi melalui urine butuh segera pelampiasan. Sesudahnya dari situ, barulah gw ngiterin stage-stage nyari yang sekiranya menarik. Menarik buat diliat ataupun didenger.

Area depan
Rundown
 
Red Stage adalah tempat yang akhirnya gw bisa lumayan lama di situ ngeliat Raidy Noor Experience. Lumayan lama gw liat dia maen. Sampe akhirnya gw pindah ke luar buat cari spot bagus buat foto. Seiring perjalanan ngiterin panggung, udah banyak talent yang keliaran. Diantaranya ada Aria Baron, Poppy Sovia, Ajul ‘Jiung’, dll. Mereka membaur sama penonton.

Break maghrib, semua stage kosong. Sampai sekitar jam 18.30, semua stage mulai maen. Di Blue Stage ada INA Star feat Intan Ayu dan Shun Kukita, Red Stage ada Lala Karmela dan di Black Stage menawarkan Electric Cadillac untuk dinikmati. Shun Kukita adalah pilihan pertama gw dikarenakan di JakBlues 2013, gw gak sempet liat performnya doi. Alhasil gw nunggu dia maen. Sebenernya pas dia checksound pas break maghrib,  gw bisa liat permainan dia. Tapi gw pengen liat pas livenya. Sayangnya checksoundnya lama, dan begitu mendengar di luar ada kebisingan yang digelontorkan sama Electric Cadillac, jadilah gw ke Black Stage. 

Cukup 2 lagu gw menikmati mereka bermain rock n’ roll blues, gw mampir ke Red Stage di mana si cantik Lala Karmela bak biduan tengah mengeluarkan pesonanya. Semua mata tertuju kepadanya. Namun karena penampilannya yang gak istimewa, gw meninggalkan Lala setelah berhasil mencuri gambarnya.
Si Cantik Lala Karmela

Balik lagi ke Blue Stage, menunggu sebentar INA Star, akhirnya penyesalan tahun lalu terbayar saat melihat Shun Kikuta main dan bercerita tentang Queen of Blues yang ia hormati, sebuah lagu untuk KoKo Taylor, dari Shun. Ternyata permainannya jauh lebih menarik dibanding musisi Jepang lainnya di JakBlues 2013. Kazumi Watanabe emang jago, tapi type-nya yang fusion bikin cepet bete. 

Shun Kikuta
Melayani permintaan fans
Ngajak nyelfie
Banyaknya stage dan talent bikin kita harus bisa ngatur waktu buat liat mana yang menarik. Sama halnya pas lagi liat Shun, ternyata di Black Stage udah rame orang-orang yang liat penampilan Ajul & Rekan. Aksinya banyak disukai dan gak diduga. Seperti misalnya tiduran di area penonton, naek ke tiang, dan makan saat lagu sedang berlangsung. Pokoknya, doi menghibur lah. Setelah diperhatiin, kayanya Ajul dan Rekan ini adalah artist di Black Stage yang banyak penontonnya dibanding artis-artis sebelumnya.

Ajul yang begajul
Setelah perform
Tepat saat membawkan lagu Si Juki, gw pindah ke Red Stage dan damn! Ternyata di situ udah berdiri sesosok wanita Australia bernama Kara Grainger sedang menjadi pusat perhatian. Ditemani Imelda Rosalin dan rekan lainnya, Kara Grainger lantas menjadi musisi yang ditemani oleh para wanita. Namun tetep aja yang jadi pusat perhatian yah si Kara itu. Apalagi tampangnya yang MILF banget-lah itu, ditambah pakainannya yang semi transparan, keliatanlah bra tanpa ikat pundak yang berwarna hitam. Ada satu bintang yang paling terang di antara semua bintang.

Para lady blueser
Jangan berpikir yang enggak-enggak
Saat melihat ke sekeliling, ternyata gw liat wanita berbakat lainnya yang juga akan main di stage itu. Malina Moye. Gitaris kidal yang diakui sebagai salah sat gitaris wanita terbaik di dunia versi salah satu majalah gitar internasional. Ingin mengejarnya untuk foto bersama, tapi dia keburu dibawa sama LO ke backstage yang membatasi ruang gerak gw.

Akhirnya gw menuju ke Blue Stage yang menmpilkan Sandhy Sondoro. Gak ada yang menarik dari doi. Celakanya di Black Stage juga gak menarik, sampe bikin gw pindah lagi ke Red Stage. Ginda Bestari lagi  siap-siap di situ. Gitaris muda ini ternyata banyak disukai. Yah gw nikmati juga dah. Tapi, gak lama karena gw masih penasaran sama Jopie Item di Blue Stage.

Gak istimewa

Saat perjalanan keluar dari Red Stage, gw ketemu sama Malina Moye, yang lagi dibawa sama LO dan crewnya. Gw emang searah jalannya, lantas gw bilang ke crewnya yang ada di belakang gw untuk kemungkinan minta foto bareng sama Malina. Kemudian dia memanggil Malina yang berada di depan kami, dan dengan ramah ia memenuhi permintaan gw buat foto bersama. 

Bareng Rock 'n Roll Baby, Malina Moye
Blue Stage, ada Jopie Item yang ditemani sama anaknya Yai Item. Tahun lalu, mereka bawain lagu cover dari imagine (John Lennon), Paradise City (Guns ‘n Roses), tahun ini mereka bawain To Be With You (MR BIG) yang jadi unik dengan aransemen yang berbeda. Meski saat itu penontonnya sedikit, karena di luar ada Baron Project yang lebih banyak menarik perhatian penonton. Baron ditemani sama Buluk Superglad. Ini moment langka menurut gw saat Buluk nyanyi lagu blues. Terakhir gw liat dia di acara amal Guitar For Indonesia. Buluk dan beberapa gitaris bawain Home Sweet Home (Motley Crue). Jadi ini moment kegilaan lainnya dari Buluk. Alasan kuat kenapa banyak yang kumpul di Black Stage.

Jopie Item, sepi yah di Blue Stage
Masih bertaji

Momen langka liat Buluk ngeblues di Baron Project
Menantikan Malina Moye di Red Stage, di pinggir panggung ada Ginda Bestari yang jadi sasaran empuk penonton untuk diminta foto bersama. Ingin latah, tapi posisi gw udah paling depan dan enggan untuk digantikan.

Saat MC mempersiahkan Malina, di panggung udah ada Ginda Bestari lagi sama rombongan sebelumnya ditambah dua penyanyi latar. Suara gitar meraung tapi tak ada sosok yang muncul di atas panggung. Sebuah tanda tanya. Entah siapa yang membakar kemenyan, ternyata suara gitar tersebut berasal dari Malina yang sedang pamer skill di area penonton. Sebuah pembukaan yang mencengangkan dan bikin penonton berlomba mengabadikan moment tersebut.
Opening yang bikin shock
Memakai pakaian terusan tanpa daleman, alhasil terceplaklah puting dan sesekali belahan pada kelaminnya. Bukannya salah fokus, tapi pemandangan dari depan emang kaya gitu. Permainannya sih oke yah. Yang bikin menarik sih gitarnya. Doi emang kidal, tapi sususan senarnya gak dibalik. Kaya Moldy Radja lah. Jadi senar satu-nya ada di atas. Dengan kata lain, kalo dipake sama gitaris bertangan kanan, maka kita gak perlu nyusun balik senarnya.
Malina Moye
Malina Moye dan Ginda Bestari
Ingin melihat Greg Howe bersama Maragold, tapi gak kesampean karena pas ngintip dari depan, masih belum ada tanda-tanda mereka ready. Bisa dibilang di Blue Stage ngaret. Sementara itu di Black Stage lagi rame sama duo Soulmate dari India. Mereka penutup di Black Stage ini. Asik asli liat mereka main. Pantes aja rame. Pas liat sekeliling ternyata ada sosok MILF yang gw ceritain dan tanpa pikir panjang gw langsung samperin karena ingin banget foto sama dia.
Duo Soulmate
Permintaan foto terpenuhi dengan sukses. Namun ada sedikit kejadian mengganjal ketika tanpa sengaja, tanpa sengaja loh yah, saat mengajak selfie itu gw sempet menyentuh dengan cukup jelas antara payudaranya dan lengan kanan gw. Karena posenya yang berdekatan, gw gak ragu buat rangkul dia. Apalagi pas sama Malina pun begitu. Malina ngerangkul gw, yang gw bales rangkul. Udah biasa sih kaya gitu mah. Sama Shun Kikuta juga gitu. Yang beda, Kara gak bales rangkul. Mungkin karena lelah yah. Pas gw liat sih emang mukanya kaya kecapean gitu.
Momen Ah....
Ngintip ke Blue Stage, masih belum ada tanda-tanda kehidupan, akhirnya gw memutuskan untuk pulang. Iya, pulang. Jadwal Slank sebagai penutup di Blue Stage yang tertulis jam 23.30 – 00.30 bikin gw mikir lagi. Karena ngaretnya Maragold, pasti bakal lebih lama pulangnya. Apalagi gw sendirian, gw takut di perjalanan pulangnya nanti. Dan lagian, belum genap sebulan gw udah liat Slank di Revolusi Bunga Concert 5 November lalu. Ditambah gw gak rugi karena gak keluar uang, jadilah kombinasi itu biking w yakin buat pulang. Ke rumah.

*****

FINALE

Event kaya gini tuh seru. Selain karena artisnya keluyuran, juga ada sesi tandatangan dan foto bersama dari artis luar di booth merchandise yang dijual. Jadi kalo mau dapet sesuatu yang lebih dari sekadar nonton, event kaya JakBlues inilah yang tepat. Gw belum pernah ke Java Jazz, jadi belum bisa bandingin.

Balik lagi ke kalimat pertama di atas, yah gw ngerasa beruntunglah yah dengan apa yg gw alami. Apalagi kalo dihitung sama gak keluar duit pas parkir. Untuk informasi, parkir liar di kawasan GBK itu kena goceng buat motor. Entah sekarang berapa pasca kenaikan BBM.

JakBlues tahun depan semoga lebih meriah dan bisa bawa musisi unik lainnya. Bolehlah Soulmate dibawa lagi. Tapi tetep butuh nama besar lainnya buat ngedongkrak animo penonton. Kurangnya informasi dari akun @JakBluesFest juga jadi perhatian. Harusnya cari admin atau bikin akun baru biar animonya terjaga. Niscaya event selanjutnya bakal bisa lebih rame dan meriah. Hal ini harus dipikirkan sama INA Blues biar penontonnya gak berkurang, tapi bertambah. Ya misal tambahin konsep duet/duel gitar. Atau musik klinik. Ya semoga blues bisa lebih Berjaya. Yeay!!!!

See you at JakBlues 2015



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner