-->

Sabtu, 29 September 2018

Campus Life 14 : Jadi Ketua Kelas

*Label Campus Life adalah label untuk tulisan berseri yang saya buat. Isinya menceritakan lika-liku dan haru biru tentang pengalaman selama kuliah di Universitas Mercu Buana, Meruya, Jakarta untuk prodi Public Relations yang masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komunikasi.

Selama 5 semester menjalani masa kuliah di Mercu belum seklaipun gw ngerasain jadi ketua kelas. Gak tertarik juga sih. Dan memang gw belum pernah ada background jadi ketua kelas selama gw sekolah. Pernah sih waktu SD. Cuma gw ragu dulu tuh keitungnya ketua kelas atau bukan. Secara fungsi, ketua kelas zaman gw SD sebatas memimpin doa dan memberi salam ketika awal dan akhir acara.Tugasnya masih sementara. Tugas paling berat mungkin kecenderungan wali kelas menunjuk ketua kelas buat jadi pemimpin upacara. Udah gitu aja. 

Zaman SMP gw pernah dicalonkan jadi ketua kelas. Kejadiannya waktu kelas 3, atau kelas 9 kalau sekarang. Tapi waktu itu gw gagal karena kalah suara. Akhirnya jabatan dalam struktur organisasi kelas semasa gw SMP cuma sebagai Seksi Kebersihan. Yah walaupun saat itu gw juga gak bisa bekerja dengan optimal karena emang sulit banget buat ngoordinasiin orang-orang buat jaga kebersihan. Piket aja pada males-malesan. Seksi kebersihan cuma formalitas aja kayaknya.

**
Gw gak tertarik buat jadi ketua kelas. Hal pertama yang terpikir adalah gw gak mau ribet. Toh hidup gw sendiri aja udah ribet ya kan. Keengganan gw untuk gak menjadi ketua kelas secara konsisten berjalan dengan mulu sampai semester 5 sampai akhirnya gw peccah telor dalam hal menjadi ketua kelas.

Semester Pendek kedua yang gw ikuti adalah Bahasa Inggris II. Di kelas inilah gw jadi ketua kelas dengan alasan dosennya (Miss Wahyu Ardhian) merasa familiar dengan gw. Hm.. Populer juga gw yah.

Gw paling depan.... ceritanya.


Ha.. ha.. Enggak lah. 

Beliau bilang begitu karena gw pernah berurusan sama beliau. Waktu semester 4 gw ambil matkul Bahasa Inggris 1 dan gw nyaris gagal karena sistem online yang harus sesuai jadwal. Saat gw bertanya dan chat sama dia perihal presensi barulah gw dikasih tau sudah sampai mana pertemuan yang seharusnya dikerjakan. Kehadiran gw bolong 5 dari minggu pertama. Bukan karena gw gak ngerjain yang harus dikerjakan melainkan karena gw gak tau harus ngerjain yang mana. Setelah konsul sama beliau dan gw langsung kejar sampai akhir semester dan alhamdulillah lulus matkul beliau. Satu kali lagi gw salah ngerjain, udah deh gw gak lulus karena maksimal absensi dalam satu bulan itu sebanyak 5 kali. 

**
Gw gak bisa ngelak. Gw iyain dan mulai deh menjadi perantara antara mahasiswa dengan dosen, kontak handphone mulai penuh, dan bersiap andai dosen kasih update terbaru. Kelas Bahasa Inggris ini mahasiswa harus kirim sertifikat dan study report ke dosen, dan gw sebagai ketua kelas menjadi yang mengkoordinir. Agak ribet pas deadline yang dikasih dosen tapi mahasiswa masih ada yang minta ulur waktu buat kirim sertifikatnya. Gimana yah, kan gw juga harus kirim ke dosen. Kasian kan dosennya kalau sampai nungguin  dan kasian juga temen yang lain yang udah ngirim. Untung dosennya ngasih toleransi jadi yang kirim di atas jam deadline masih diterima.

Sampai kelas berakhir, kayaknya semua baik-baik aja. Gak ada drama, gak ada ribut-ribut. Gw harap sih baik dosen dan mahasiswa lain di kelas itu memang menganggap gw telah bekerja dengan baik biar pas gw ditanya di akhirat nanti, gw gak divonis bersalah karena tidak bisa menjadi ketua yang baik dan benar. Dan melalui tulisan ini pula gw minta maaf buat dosen maupun mahasiswa yang berada di kelas apabila gw gak bisa menjalankan tugas gw dengan baik.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner