-->

Rabu, 27 April 2022

Komunitas LI Gak Akan Bisa Kaya

 



Kalimat di atas merupakan bentuk lelucon yang keluar dari mulut gue kepada Erick , kawan dari komunitas LI atau L’Arc-en-Ciel Indonesia. Ucapan ini muncul atas respon dari adanya pagelaran event Jejepangan di daerah Bintaro. Ada banyak yang dikomentarin.


Komentar pertama karena event ini berbayar alias pake tiket. Harga tiketnya Rp. 40.000. Gue dan Erick ngerasa wow.. Karena kebanyakan event cosplay itu kan pasarnya ya anak SMA, dan kuliah semester-semester awal. Dibebanin Rp. 40.000 kayaknya cukup berat yah. Apalagi dengan uang itu gak ada kompensasi lain yang bisa diambil. Misalnya dapet produk atau souvenir. Ini gak. Murni cuma tiket masuk acara aja. Untuk guest star juga gak ada. 


Terus karena kami biasa bikin event juga, ngeliat info ini agak aneh. Soalnya gak ada info nominal hadiah yang diumumkan. Cuma dibilang dapet uang sama totebag aja. Gak ada guest star. Gak ada doorprize. Jadi murni buat tiket masuk aja. Kalau yang datang 100 orang aja udah megang Rp. 4.000.000 tuh panitia. Sedangkan event berbayar lain kayak GJUI dengan harga Rp. 20.000 udah nonton Silent Siren, band asal Jepang langsung. Atau di Jak Japan Matsuri bisa liat JKT48 atau J-Rocks.


Meskipun begitu gue paham bahwa pasti ada biaya pengeluaran. Entah buat makan panitia, cetak back drop, bayar juri mungkin, dll. Hal umum yang ada di pengelolaan event. Begitu juga yang sering dilakukan LI. Apalagi emang gak ada sponsor yang masuk. Jadi semua dilakukan secara swadaya dan keahlian lobby dan negosiasi panitia untuk minimalisir pengeluaran. 


**


Sekarang kita liat LI.


LI tiap bikin event music dan tribute selalu gratis. Dari event Tribute to Hyde, L’Acoustic Day, sampai event terakhir yang gak murni event Larukuan, itu gratis men. Namanya Japan Fiesta. Beneran gratis. Kalaupun ada duit yah itu dari biaya registrasi band. Karena emang untuk alat musik dan sound system kan LI gak punya ya. Belum punya deh. Doain ya supaya punya. Nah, satu-satunya event musik berbayar adalah event pertama bernama Smile for Awake di tahun 2011 lalu. Setelah itu, gratis.






Beberapa poster LI. Di poster selalu ditulis gratis/free entry


Terus LI tiap mau nyari duit (buat kas) pasti rilis merchandise yang di-bundling dengan undian doorprize. Doorprize gak satu cuy. Bisa 10 item. Bayangin tuh. Jadi tiap satu merchandise yang kejual paling LI nerima bersih goceng yang uangnya itu buat nambah pemasukan di acara itu dan sisanya dijadiin uang kas. Selebihnya, ya gak ada sumber pendapatan lain kecuali sumbangan dan donasi orang-orang karena emang event-nya gratis. 


Untuk dapet kupon doorprize harus beli merchandise. Tapi untuk nonton dan datang ke acara gak usah bayar apapun alias gratis. Ini contoh poster event Tribute to Hyde tahun 2017 

Promo kupon doorprize acara Japan Fiesta. Kalaupun gak menang doorprize ya seenggaknya tetep dapet item di atas. 


Kalaupun ada yang berbayar biasanya event nonton bareng. Maklum aja karena untuk ke sini mesti sewa tempat. Dari kelas stuio Blitzmegaplex, sampai sewa ruangan di JDC, semuanya perlu dan yang gak sedikit. Tapi dengan dana itu pun penonton dikasih goodies atau kenang-kenangan dan tentu aja ada doorprize yang bejibun. Fokusnya tetep sama yaitu bikin pengunjung senang.


Beda Tujuan


Yah LI emang bukan nyari kekayaan sih. Dari apa yang gue tulis aja udah kebayang kan gimana dapur keuangan LI pas event. Tujuan LI selama ini adalah sebagai eksistensi dan juga memfasilitasi temen-temen yang kangen Laruku. Kita bisa silaturahmi lagi dan rasa cinta ke Laruku gak pudar. Supaya management Laruku juga tahu kalau Indonesia tuh fans-nya aktif. 


Selain itu LI emang komit dan pengen nyenengin yang datang. Siapapun itu. Dari kerabat, penonton, sponsor (kalau ada), cosplayer, pengisi band, yang jualan, dll. Biar semua seneng. Masuk gratis biar yang datang rame. Terus jual merchandise dengan undian doorprize juga gak maksa. Buat yang mau aja. Makanya kalau gue MC harap maklum aja yah suka terus-terusan promo. Yah biar balik modal dan gak rugi.


Cuma kadang sedih juga sih kalau pas bikin event musik, acara udah gratis, eh yang datang sedikit. Huhu. Padahal pengen meriah. Silaturahmi. Pernah di suatu ketika pas mau bikin event Tribute to MMXX Tour of L’Arc-en-Ciel (2019), gue bilang ke Erick kalau ini event terakhir soalnya lumayan capek juga ngurus event cuma berdua. Untungnya hari H suka ada aja temen-temen yang bantuin.


Pas event Japan Fiesta lebih mending karena ada SDM yang bertambah. Jadi bisa bagi tugas dan kebetulan orangnya lebih paham di bidang yang dikasih tanggung jawab. Abis event Japan Fiesta itu malah jadi semangat lagi buat bikin event. Tentu tujuannya tetep sama yaitu silaturahmi dan seru-seruan bareng. Tentu dengan tiket yang gratis itu dan merchandise + doorprize yang selalu dipromosiin. Jadi jauh banget lah buat bisa kaya. Dan emang bukan itu tujuannya. Kalau kaya dan banyak duit yaudah itu bonus. Yang penting kepuasan batin untuk semua yang terlibat. Dengan banyaknya penonton dan meriahnya acara (syukur-syukur merchandise sold out), itu udah cukup jadi bensin penyemangat gue dan mungkin juga Erick buat terus bikin event. Bersyukur event Japan Fiesta kemarin sukses. Jadi ya, tunggu aja event berikutnya. 

 



Nih buat jajan
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner