-->

Rabu, 13 September 2023

Dieng Ketiga

 




Dieng Ketiga


Suatu tempat pastilah memiliki keistimewaan tersendiri yang bisa bikin seseorang mau datang ke tempat itu lagi. Di hidup gue ada nama Dieng yang masuk ke dalam daftar itu. Alasannya sederhana, di sana menyenangkan dan unik. Gue udah tiga kali ke sana. November 2017 pas ikut open trip, September 2021 pas nanjak ke Gunung Prau, dan terakhir pas ikut open trip di bulan Agustus 2023. Seperti dua kunjungan sebelumnya, kunjungan ini juga nyisain cerita.


**


Berawal dari obrolan ngalor ngidul di cubicle kantor pas kerja antara gue dan temen kerja Atin dan Fia yang berencana ke Bali di 2024. Gue mastiin dulu bisa atau gak kumpulin 2,5 juta buat ke sana all in. Yah perhitungan gue sih segitu bisa buat akomodasi, transport, dan masih bisa buat makan. Mereka bilang oke. Udah pada semangat gitu malah ganti tujuan ke Dieng. Alasannya adalah karena tempat ini lagi musim embun upas dan ngetes. Kalau misalkan ini oke dan berhasil berarti ke Bali juga bisa dong. Yaudah dipilih deh tanggal 25-27 Agustus 2023. Feeling gue di tanggal itu bakal dapet embun upas yang emang cuma ada di Juli-September awal.


Gue info ke cewek gue dan dia juga mau ikut. Tapi dia ngajak temennya juga yang emang gue kenal. Very namanya. Kekhawatiran gue adalah mereka yang cewek-cewek susah dapet izin dari orang tuanya. Tapi ternyata si Fia dan Atin diizinin dan gak ngerasa keberatan dari orang tuanya. Pas gue izin ke ibunya cewek gue juga alhamdulillah lancar. Sisanya tinggal nyari travel organizer dan nyiapin segala sesuatunya termasuk outfit dan cemilan buat perjalanan.

 

Jumat, 25 Agustus 2023

Gue, Fia, dan Atin izin pulang lebih cepat soalnya mau ngejar kereta buat ke Cawang, tempat yang jadi meeting point keberangkatan. Ngerasain Jumat sore pulang kerja di jalur rawan jadi pengalaman yang wadaw banget. Cewek gue dan si Veri jalan abis Maghrib. Gue pake jasanya Piknik Nusantara. Alasan pilih dia karena dapet makan 4 kali dan di itinerary nya ditulis kalau ke Candi Arjuna ada di pagi hari. Gue piker pas dong biar bisa dapet embun upas itu. Walaupun pada akhirnya tau kalau ternyata open trip ini gabungan dengan travel lain jadinya itinerary gak sesuai. Yaudah deh gak masalah.


Malam hampir jam setengah sembilan kami semua berangkat naik Isuzu Hiace berkapasitas 18 penumpang. Ada 4 mobil yang berangkat.  Gue dan cewek gue duduk bertiga sama Veri sedangkan Atin dan Fia tepat ada di belakang kursi yang gue tempatin. Gue udah minum antimo biar bisa tidur lelap selama perjalanan. Sesuatu yang emang gue butuh buat ngisi tenaga karena gue tipe orang yang susah buat tidur. Efeknya sangat manjur. Gue nemu cara ini pas trip ke Bromo di Desmber 2019 pas dikasih tau sama si Frans, temen seperjalanan


Selfie dulu sebelum berangkat. Muka udah pada lelah

Semua penumpang bangun pas di Cikopo buat istirahat sekitar jam 11 malem. Di Rest Area ini hampir semuanya istirahat. Aktivitas yang dilakukan hampir sama semua. Istirahat dan ke toilet. Kami berlima makan Indomie di situ. Enak-enak aja karena emang enak sih. Kadang ya meskipun kita gak lapar tap ikan tubuh butuh asupan. Teori gue gitu. Gak tau deh bener atau gak nya. Yang jelas abis dari situ kami jalan lagi menuju Dieng ditemani dengan supir yang enaaaak banget bawa mobilnya.

 

Sabtu, 26 Agustus 2023

Pemberhentian kedua ada di Pom Bensin yang udah mau sampai ke Dieng. Lupa daerah mana. Cuma inget sampe di sini jam setengah 5an, pas buat sholat Subuh. Di tempat ini banyak yang bersih-bersih sekaligus make-upan soalnya mau langsung ke tempat wisata. Kalua gue gak mandi cuma cuci muka dan gosok gigi. Dingin jadi alasannya. Btw di pom bensin ini selain interior mesjidnya yang bagus, ada juga tempat istirahat dan kamar mandi. Sayangnya gak ada urinoir di toilet cowok jadi kalau mau pipis harus ke kamar kecil yang barengan sama buat mandi dan berak. Gw nunggu kurang lebih 10 menit cuma buat gantian ke kamar kecil buat pipis. Lumayan lama yah. Selama cewek gue dan si very yang makeupan sampai-sampai kami bertiga jadi orang terakhir yang naik kendaraan. Ternyata udah ditungguin, Haha jadi gak enak.


**


Mie Ongklok yang Berbeda

Setiap tempat punya makanan khas. Dieng punya mie ongklok. Dua kunjungan gue ke Dieng selalu nyempetin ke salah satu kedai mie ongklok. Tempatnya selalu sama yaitu di deket Candi Arjuna. Deket Indomaret juga. Selama dua kali ke sana gak ada keluhan baik dari gue maupun temen-temen yang kebetulan ikut juga. Fine-fine aja. Cerita berbeda pas di kunjungan kemarin.


Selfie di tempat makan mie ongklok



Harusnya pake toping sate ayam. Baru enak. tapi base mie ini tuh kemaren udah kerasa gak enak. Gak ngerti sih kenapa. 



Pertama, lokasinya beda. Emang sih lebih luas area parkirnya dan kedainya. Lokasinya gak jauh dari kedai yang gue bilang. Tapi guys, mie nya gak enak. Tour Leader gue yaitu Mas Abi (dipanggil Bencong) sebelumnya ngasih info kalau sarapan mie ongklok ini merupakan bagian dari biaya yang udah dikeluarin. Dan dia juga bilang mie nya gak enak, tapi makan aja. Gue dan peserta lain ngira oh paling bercanda. Ternyata...


Apa yang dibilang si Bencong ada benernya. Gue gak ngerasain nikmatnya mie ongklok kayak yang dulu sempet gue makan. Rombongong gue juga pada gak doyan. Liat rombongan lain juga sama. Aneh. Apa karena beda tempat? Salah waktu pas makan? Atau emang rasanya yang gak enak? Salah satu temen gue bilang kalau hal ini bisa jadi karena beda tempat. Di Dieng itu yang jual mie ongklok banyak dan berdekatan. Jadi kemarin mungkin apes aja dapet tempat makan mie ongklok yang rasanya gak sesuai sama lidah kami semua.


Tuk Bimalukar

Tempat wisata pertama yang dikunjungi adalah Tuk Bimalukar. Ini tuh semacam tempat pemandian yang dulu ada kaitannya sama Bima buat bertapa. Tempat ini kayaknya baru ya? Soalnya ada beberapa tempat yang keliatan belum jadi. Gue juga gak liat ada tukang dagang yang artinya tempat ini bukan tempat wisata popular. Di mata air ini gue foto-foto dan nyobain air mancurnya. Seger aja gitu meski gak tau itu mujarab atau cuma gimmick aja.


Berfoto sebelum balik naik mobil.




Ikutan cuci muka



Kawah Sikidang

Tempat wisata ini udah banyak berbeda disbanding dulu pas pertama ke sini. Ada jalur yang mengarah ke kawahnya. Saran gue kalau ke sini pake masker soalnya bau banget. Bau belerang. Gue dan rombongan penasaran buat liat dari deket tapi gak kuat sama baunya. Jadinya tempat yang paling dinikmati tuh yang tanah lapang. Buat foto-foto.


Motoin si Very yang perlu banyak retake karena dia demen banget difoto

Dulu jalur kayu ini belum ada. Tapi kalau diinget lagi kayaknya dulu gak sebundul ini deh. 



Dieng Theater dan Batu Ratapan Angin

Abis dari Sikidang gue dibawa ke Dieng Tehare dan Batu Ratapan Angin yang satu lokasi. Di Dieng Theater itu kita dikasih liat film tentang Kawasan Dieng. Gue di sini numpang tidur dan amat yakin bukan cuma gue yang ikut tidur.

Sesaat sebelum masuk


Terus nanjak ke Batu Ratapan Angin. Sebelumnya gue dan Ani cewek gue jajan dulu. Kami jajan kentang buat cemilan. Ada dua jenis. Yang kentang potongan dan kentang yang kayak smashed potato terus dibentuk jadi model French fries gede gitu. Nah itu yang gue beli. Harganya 10.000 isinya 5. Gue sempet khawatir kalau kentang yang gue beli bakalan dingin alias anyep. Eh gue liat peserta trip lain lagi ngegoreng kentangnya. Yaudah gue mantap beli dan minta digoreng lagi biar anget. Sementara gue beli kentang, Fia Atin Very beli bakso tusuk di tempat yang gak jauh dari tempat gue beli.


Setapak demi setapak gue nanjak bareng Ani. Di tanjakan keberapa dia ngeluh karena ngerasa salah langkah yang bikin dia mesti istirahat. Tapi gak berlangsung lama karena setelahnya kami bisa ke beberapa spot foto yang ada di situ. Salah satunya tempat favorit dengan pemandangan dua telaga di belakangnya. 


Salah satu spot iconic



Sebenernya area eksplor bisa sampai ke atas lagi cuma pegel



Balik ke Homestay

Homestay tempat gue tinggal awalnya lumayan enak. Kamar mandi di dalam kamar. Bersih dan rapih. Lumayan luas dengan 2 kasur. Gue sama Very satu kamar digabung dengan 2 orang lainnya. Yang cewek-cewek ngegabung juga tapi beda homestay. Lokasinya bersebelahan. Tapi gak tau kenapa ya katanya double check in dan ada kesalahan dari travel gue. Kami dipindah ke tempat lain yang jaraknya gak jauh. Paling Cuma 30-50 meteran dari lokasi semula. Sebelum gue pindah gue kebelet boker jadinya sempetin boker dulu di situ haha.


Homestay kedua yang ditempatin itu ada dua kamar. Jadi gue sekamar sama si Very. Di rumah ini cuma ada kami berempat. Lumayan privat. Lantainya juga enak karena dilapisin karpet jadinya gak begitu dingin. Di sini cuma buat istirahat sebentar. Untungnya gue udah mandi duluan di homestay sebelumnya. Mandinya juga pake air anget kok soalnya ada water heater. Kalau gak pake itu kayaknya gak kuat.


Candi Arjuna

Sore hari setelah makan siang di homestay anak cewek, kami lanjut ke Candi Arjuna. Candi ini ternyata ada lebih dari satu pintu masuk. Sebelumnya gue masuk dari arah depan yang ad amie ongklok. Nah ini beda. Kita masuk jalur yang lurus dan barulah sampe ke Candi. Kondisi udah lumayan rame soalnya di momen ini kita semua lagi ngedengerin cerita dan keistimewaan candi ini. Gue dan yang lain foto-foto di tempat ini buat kenang-kenangan. Outfit yang dipake juga beda dari yang sebelumnya.


Indonesia next top model season 23 anjai

Berdua saja


 

Sikunir vs Sikapuk

Oh iya pas lagi kumpul ini si Bencong dan mas Angga (tour guide local) ngasih tau kondisi di Sikunir saat ini. Katanya lagi ada perbaikan jalan yang bikin kita mesti jalan extra sejauh kurang lebih 1,2 km. Itu belum dihitung nanjaknya. Jadi dia ngasih opsi buat ke Sikapuk. Katanya di sini gak terlalu rame dan ngedaki juga gak tinggi. Ada anak tangganya juga. Tapi masih bisa liat golden sunrise. Enaknya lagi kalau ke Sikapuk kita bisa jalan jam 04.30 sedangkan kalau mau ke Sikunir itu mesti jam 02.00. Selain itu kalau ke Sikapuk nanti bisa pulang lebih cepet dan mungkin pas Maghrib udah sampe Jakarta. Sedangkan kalau ke Sikunir pasti lama karena kondisi tadi. Hampir semuanya setuju untuk ke Sikapuk sedangkan sekitar 18 orang milih ke Sikunir. Keputusan itu bikin group lumayan rame pas malem harinya karena pertukaran penumpang di masing-masing bus yang mesti tukar guling sama yang ke Sikunir. Tapi gue gak akan ceritain lebih lanjut gimana ramenya.


Lagi nyimak apa yang dibilang si bencong



Eksplore Malam Hari

Balik dari Candi Arjuna sekitar menjelang Maghrib di homestay. Si Atin dan Fia cekikikan gak jelas. Setelahnya gue baru tau kalau ternyata mereka girang karena mulutnya keluar uap. Katanya kayak di Korea. Emang sih waktu itu udah mulai dingin banget bagi gue. Lupa berapa derajat, mungkin di angka 14 yah. Pokoknya dari situ gue gak mandi lagi dan pake pakaian hangat buat ngelindungin diri.

 

Waktunya makan malam. Udah ready mangkok, piring dan nasi. Tempat makannya sebenernya sempit tapi yah cuma ada di situ jadinya yaudah makan aja. Ada kejadian amazing. Menunya kan soto ya. Pas kuahnya dating masih berasap. Berarti panas kan. Pas kita sendok dantuang ke piring, beberapa saat kemudian langsung dingin men. Anyep. Aneh tau minum soto tapi kuahnya dingin. Nasinya juga dingin, gak nolong. Yang bikin anget sih kondisi saat itu soalnya beberapa peserta trip makan bareng jadi ada kehangatan di situ. Asik.


Malam harinya selepas Isya gue Atin dan Fia mau coba keliling. Cewek gue dan Very milih istirahat. Alasan gue mau keluar adalah karena gue penasaran banget buat moto milky way. Gue udah coba nontonin tutorial di YouTube buat bekal. Kameranya pakai punya cewek gue. Tapi emang sih ternyata agak susah yah. Tempat gue eksplore gak cukup gelap dan kurang malem. Terlebih dan yang agak penting adalah gue gak bawa tripod. Hehe


Kurang gelap dan setting kameranya belum pas jadinya cuma dapet gini aja.



Eksplorasi gue bertiga mungkin sekitar 1 km jalan kaki. Ujungnya sampai ke tulisan Dieng. Buat foto-foto. Jalanan lumayan berdebu karena musim kemarau dan lumayan gelap. Sesekali aja kendaraan lewat. Pas perjalanan itu gue ngelewatin beberapa homestay. Ada yang keliatannya asik tapi pasti mahal. Terus ada yang karaokean juga. Perjalanan itu lumayan seru aja sih soalnya gue piker kalau udah di situ tapi gak kemana-mana saying aja gitu. Belakangan gue baru tau juga kalau banyak peserta yang jalan-jalan di malam hari itu sama kayak yang gue lakuin. Btw malem itu sampe di 10 derajat. 


Yee Dieng..

 

Indomie yang Anyep

Malam harinya gue bertiga masak Indomie. Cewek gue juga udah ada dan mau ikut makan. Tapi ada kejadian yang bikin ngakak pas liat minyak Indomie beku kayak ditaruh di kulkas. Ya mungkin karena kita norak aja sih. Haha. Terus nih yah, Indomie yang dimakan itu gak lama kemudian langsung dingin. Gak ada panas-panasnya. Emang yah suasana dingin itu bener-bener langsung nyata dialamin sama rombongan gue.

 

Minggu, 27 Agustus 2023


Sikapuk Hills

Sikapuk Hills ternyata lebih family friendly dengan banyak tempat dan kursi. Tapi view-nya jelas beda dengan yang di Sikunir. Kalau di sini tuh vibes-nya kayak lagi di Masjid Atawaun di Puncak. Bedanya kalau dari sini view-nya gunung Sumbing sama ada matahari. Kalau awannya sih gak terlalu banyak yah. Emang sih ini untung-untungan. Sama kayak ngeliat gunung. Ada waktu kita bisa liat dia. Tapi gak nutup kemungkinan juga ketutup kabut. Gue beruntung masih bisa liat dan foto di sana.




Indah men. Kayak kita tuh kecil banget. Kita tuh bukan siapa-siapa. Si Fia bahkan sampe nangis. Gue tanya kenapa katanya takjub. Emang sih. Dari situ gue sadar harusnya kita lebih banyak bersyukur dan takjub sama apa yang diciptain Allah.

 

Menjelang terbit




Keren banget Ya Allah


Pulang

Tempat berikutnya yang mau dituju adalah tempat makan. You know what, tempat kita makan adalah tempat mie ongklok kemarin. Waduh. Tapi menunya beda. Kali ini nasi goreng. Lumayanlah meskipun ya anyep. Haha. Yang penting udah sarapan dan minum the anget, gue langsung minum antimo buat tidur. Bangun-bangun udah di Pekalongan buat istirahat dan makan bakso. Sempet ada kejadian panik gara-gara duit gue ilang. Seratus ribu. Udah cariin di kantong celana beberapa kali ternyata ada di kemeja gue yang gue taruh di mobil. Hehehe.


Gue sempet ganti baju di dalem mobil karena puanas. Bener-bener berasa banget dari yang tadinya dingin terus pindah ke jalur pantura yang panas AC juga kurang berasa. Dan baju yang gue pakai bahannya kurang oke jadi nambah gerah. Gue ganti pake kemeja yang lebih adem. Abi situ tidur lagi, efek antimo. Bangun-bangun udah di sekitaran Cipali buat sholat Dzuhur dan jamak Ashar. Di Sini gak lama karena cuma buat pipis aja. Sopir juga butuh istirahat dan ngerokok kan. Yaudah deh abis itu jalan lagi. Oia pas pulang itu kita cuma 3 mobil. Satu mobil lagi dipake buat rombongan yang ke Sikunir. Abis dari rest area ini gue tidur lagi dan baru bangun pas udah deket-deket sampai Cawang. Bener aja, kita sampe jam setengah 5 an. Masih sore. Seneng banget karena jadi ada waktu buat istirahat.


Epilogue

Guys sebenernya Dieng itu punya tempat wisata lain. Cuma mungkin karena waktunya yang mepet jadi gak bisa ke semua tempat. Gue sih seneng ya ke Dieng. Malah kalau bisa ke sini lagi tapi 2-3 tahun lagi biar kerasa perbedaannya. Penasaran juga sih kalau misalnya ke sini tanpa travel organizer kira-kira abis berapa ya? Pengen eksplor bener-bener. Sewa motor terus keliling-keliling. Gue sama cewek gue rencana pengen ke sini lagi berdua pas udah married nanti. Pasti bakal beda feel-nya.


Dieng akan selalu gue rekomendasikan buat siapapun yang ingin berwisata. Ikut open trip aja soalnya gak pake jatah cuti dan udah diaturin. Berangkat berdua juga jadi kan. Sampai 10 tahun ke depan pun gue rasa Dieng akan tetep jadi tempat favorit buat wisata yang bisa dinikmati oleh semua kalangan termasuk ibu Puan Maharani dan rombongan yang saat itu mobilnya lewat di depan rombongan gue.

 

Sekian.

Tangerang, 12-13 September 2023

 

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner