-->

Rabu, 17 Januari 2024

Kaleidoskop 2023




Kalau ada pertanyaan kapan tahun terbaik gue, maka jawabannya adalah 2017, 2021, dan 2023. Tentu ada alasan kenapa gue memilih tahun-tahun itu. Berbarengan dengan tulisan tahunan yang selalu gue bikin ini, gue mau cerita beberapa hal. Cek this out.


***


Alasan pertama kenapa gue bilang 2023 adalah tahun terbaik karena di tahun ini gue dapet pengalaman seru di bidang musik bareng D'Genjrenk. Ini adalah pengalaman berharga yang gue kadang ngerasa amazed dengan apa yang udah dilakuin sepanjang tahun berkiprah. 


Bareng D'Genjrenk ini gue bisa manggung. Lumayan lho dapet 24 panggungan sepanjang tahun. dan sebagian besar panggungan itu dapet bayaran semua. Meskipun kadang bayarannya abis buat transport haha. Tapi pengalaman bisa ngehibur dan eksplor diri adalah sesuatu yang gue pikir jauh lebih berharga. 


Banyak lho pengalaman seru. Kayak misalnya kejadian random di atas panggung, senar putus, bagi-bagi pisang, nyanyi bareng, sampai bisa satu event sama J-Rocks, Stereowall, dan JKT48. Andaaaaiii waktu itu acara gak ngaret dan sesuai rundown, gue dan anak-anak bisa tampil sebelum J-Rocks. Duh sayang banget. 


Selain itu, dari aktivitas band ini ngebawa gue ke rekaman. Kami berhasil ngerilis 2 single yang bisa didengerin di Spotify. Kalau ada waktu coba aja dengerin. Judulnya Janji Musisi, sama satu lagi judulnya Groupies. Lagu-lagu lain juga siap dirilis nih tapi dalam bentuk album yang rencananya bakal rilis akhir tahun lalu tapi gak sempet jadinya mundur ke tahun ini. 


Pada intinya gue seneng beraktivitas di musik ini. Kalau gue mundur jauh ke zaman SMP, maka ini adalah mimpi yang jadi nyata. Pengalaman manggung gue tuh sedikit banget. Gak bisa dibilang manggung malah. Yang bener-bener manggung kayaknya cuma sekali pas perpisahan sekolah SMA, band gue lolos buat tampil di hari itu. 


Selebihnya, gue adalah orang yang gak nyentuh musik. Bukan karena gak ada kesempatan tapi karena gue cupu aja. Gak ada instrumen yang bener-bener gue kuasai. Dulu tuh gue di gitar karena gak pede nyanyi. Sampai sekarang malah. Eh di D'Genjrenk ini malah jadi vokalis. Tentu aja dengan suara gue yang gak oke. Haha. 


Pada intinya gue seneng main bareng D'Genjrenk apalagi untuk pendatang baru, gue rasa pencapaian band di 2023 itu merupakan sesuatu yang patut disyukuri. Tinggal gimana nih caranya supaya 2024 ini bisa terus solid dan dapet banyak panggungan. Gue masih pengen ngeraih mimpi-mimpi gue di musik. Entah bareng D'Genjrenk atau dengan Ahmad Dhani sekalipun. Doain aja ya guys. Sama doain gue supaya nyanyinya bener. Haha. 




**


Alasan kedua gue suka banget sama 2023 adalah karena gue banyak nyobain hak-hal baru. Selain rekaman yang tadi sempet disinggung, gue juga nyobain fitnes, meskipun cuma sebulan. ya tapi tetep kan itu hal baru. terus gue juga pertama kalinya ke Jakarta Fair. Gue juga ikut acara lari-larian. Gue ikut acara Milo Run di Jakarta. Sebenernya yang daftar sih cewek gue ya. Terus gue yang gantiin. Oh, gue juga sempet ngerasain Car Free Day bareng dia. 


Selain itu gue pertama kalinya ikut nonton festival musik Pestapora. Anjrit lah itu. Festival musik yang bikin gue ngebuka banyak tentang banyak hal. Terkait pertunjukan, teknis acara, lika-liku orang-orang, semua ngasih banyak preferensi. Gue sempet nangis pas nonton Parade Hujan. Nangis yang sesenggukan dan akhirnya banjir air mata. Kangen banget sama diri gue di masa lalu. Gue ke sini juga sama cewek gue. Dari tadi belum sebut nama. Ani namanya. 


Gue di 2023 beberapa kali makan di tempat yang belum pernah. Itu juga yang bikin gue coba bikin akun Infogemoy di Instagram dan ngelink ke pages Dunia Renji di Facebook. Tujuannya biar gue bisa posting foto-foto makanan atau mungkin sesuatu yang hits yang gue alami. Beberapa tempat makan yang akhirnya gue bisa cobain kayak Pancious, Venti, Monsieur Spoon, Futago Ramen, dan beberapa nama yang gue gak inget. Ahaha. 




**


Alasan ketiga, dan mungkin ini yang paling penting, adalah di tahun 2023 ini gue ketemu cewek gue. Gue gak bisa jelasin secara detail gimana hubungan ini berjalan ataupun perasaan gue dalam menjalaninya. Mungkin gue ceritain di tulisan lain. Nanti gue bikin khusus. 


Sedikit aja yang bisa gue ceritain. Secara umum ya gue ketemu dia di Februari sampai akhirnya di Desember 2023 gue dan dia lamaran. Ini proses terjauh yang pernah gue lakukan dalam menjalankan sebuah hubungan. Doain ya. 


Nah karena dia jugalah yang bikin gue jadi lebih sering makan di tempat-tempat yang belum pernah gue alami sebelumnya. Emang sih yah kehadiran orang baru tuh bisa bikin kita eksplor lebih jauh dan nambah pengalaman yang berharga.





**

Kalau dari trip atau traveling tuh gak banyak yah. Cuma sempet sekali ke Dieng bareng cewek gue dan temen gue. Selebihnya cuma wisata domestik kayak ke PIK, Ragunan, Hutan Kota, Perpusnas, terus hmm oia Ancol. Selebihnya gue gak inget dan emang gak bisa disebut traveling sih. Cuma kencan aja. 


Pengalaman lain di tahun 2023 adalah gue pada akhirnya bisa ngerasain fasilitas hotel bintang lima tepatnya di Hotel Sultan. Pengalaman ini gue dapet karena gue beruntung dapet voucher nginep dari i-Radio. Lumayan banget. Tadinya mau gue jual aja tapi akhirnya gue kasih ke Ani buat dia nginep sama temennya. Gue sebatas nganter dan nyobain kolam renangnya aja. 


Oh di 2023 ini juga gue dapet gitar akustik elektrik. Emang dari dulu gue pengen punya gitar ini. Gitar gue yang di rumah udah kurang nyaman kan. Terus pas gue maen ke tempat Ani, adeknya (melalui nyokapnya) ngehibahin gitarnya. Emang sih rusak gitu. Tapi minor lah menurut gue, masih bisa dibenerin. Cuma bagian bridge-nya aja yang ngangkat. Waktu itu gue servis sekaligus ganti senar cuma habis 155.000. Beruntung banget kan. 


Keberuntungan lainnya gue dapet pas ngebantuin bos gue jual rumah. Alhamdulillah waktu itu gue berhasil nemu lawannya dan gue dapet kompensasi dari bos gue yang nilainya menurut gue banyak. Lumayan lah bisa buat beli hp baru buat bokap, makan-makan, dan beli helm baru buat gue dan Ani. Sisanya gue tabung. 


Ngomongin rumah, gue sempet ambil rumah di daerah Parung Panjang. Secara jarak gue suka karena deket ke stasiun. Terus harganya juga masih oke dan bentuknya bagus. Udah sempet DP tapi pas proses pengajuan KPR nya gak lolos karena turun plafon. Gue gak ngerasa sedih atau gimana justru malah kayak bersyukur. Soalnya gue sempet baca bahwa di daerah sana masih konflik jalan raya antara penduduk sama truk tanah. Beritanya cukup ekstrem. Sopir truk tanah demo dan markirin mobilnya di jalanan. Buset men itu jalanan keblokir. Mungkin emang perlu cari di tempat lain yang lebih oke. 


Di akhir tahun, gue ngabisin waktu di Jakarta buat pergantian tahun. Bareng Ani tentunya. Ini juga sesuatu yang baru gue alami. Sebelumnya gue gak pernah ikut ngerayaain pergantian tahun di luar. Biasanya gue cuma nonton tv atau lagi tidur. Kayaknya terakhir kali gue malam tahun baruan itu pas tahun 2014 atau 2015an. Itu juga pas pulang kerja shift malem sama anak-anak. 


**

Guys, di 2023 ini juga gue ngalamin hal sedih. Soalnya bibi gue yang di Bandung meninggal dunia. Beruntung saat itu gue masih sempet nengokin ke Bandung. Gue punya kenangan sama Bibi tapi ngerasa kurang dalam memberi kembali. Bibi adalah figur kesayangan semua saudara dari pihak Bokap. Gak lengkap kalau gak ada beliau. Kehadirannya selalu ditunggu di tiap acara. 


Sekitar quartal ketiga, nyokap gue operasi mata. Gue yang bantu urus dari mulai pendaftaran ke puskesmas sampai ke rumah sakit. Gue ngerasa hal itu jadi semacam perekat hubungan gue buat punya lebih banyak qualityu time bareng dia. Sesuatu yang gue syukuri. 





Sama halnya kayak waktu itu gue, nyokap, kakak, dan keponakan gue main ke PIK sama ke Kota Tua. Gue jadi navigator merangkap kenek karena gue yang dianggap lebih tau jalan. Kebersamaan itu susah didapet soalnya jadwal dan kegiatan masing-masing yang emang udah punya jadwal. 




Kalau dari konser,,, hmmm selain Pestapora itu gue cuma sempet nonton Dewa. Dua kali. Pertama di JIS bulan Februari, terus di GBK bulan Agustus. Yang di GBk dapet tiket murah cuma 75.000. Nonton berdua sama Ani dan seru banget. Sempet juga mau nonton Yerin Baek tapi gak dapet tiket murah. Haha. padahal udah sampe ke venue. One OK Rock juga cuma numpang foto di banner. Coldplay juga gitu. Numpang foto doang. Oh sam Aurora deh, numpang foto juga soalnya cuma nemenin temen yang nonton. 


**


Well,, 2023 ngasih banyak kejutan di hidup gue. Beberapa ada yang direncanakan, tapi selebihnya gue ngikutin aja. Kadang dibawa lari, dibawa santai, atau diajak istirahat. Semua gue ikutin dan ternyata hasilnya bagus buat gue. Emang sih kadang kita perlu tahu kapan harus berhenti sejenak. 


Di tahun 2024 ini gue berharap kebaikan demi kebaikan terus datang dari segala arah. Biar fair, gue juga berharap dan berusaha untuk bisa menebar kebaikan. Target dan goals tentu ada. Kita hanya perlu berusaha. Sekalipun nanti gagal, percayalah kalau ada hikmah di balik itu semua. 




Gunadi

16-17 Januari 2024

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner