-->

Minggu, 04 Oktober 2020

Julidin Fiersa Besari

 




Malam Minggu pertama di bulan Oktober gue lagi asyik scrolling timeline Twitter terus ketemu twitnya bung Fiersa Besari yang promo lagu barunya berjudul Lagu Dua Kunci. Pertama yang kepikiran, oh, kayak lagunya Sheila on 7 yang Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki sama lagunya Nirvana yang Molly Lips nih. Gue tau Si Bung juga denger ini. Bukan hal yang baru karena memang udah ada yang bikin sebelumnya dan sukses. Dia kasih teaser video dengan lirik. Gue tonton dong. Nah postingan dia itu bikin gue makin ngerasa kalau twitannya dia udah gak cocok sama gue. Asli. Dan itu berimbas ke karyanya dia yang jadi amunisi gue buat julid. Astagfirullah.


Keenggakcocokan itu karena sering banget gue ngeliat twitan dia yang jadinya kayak cringe aja. Segmennya udah bukan ke gue. Kayaknya yah dia tuh emang ngincer pasar remaja aja sih. Yah sampai usia di bawah 25 gitu kayaknya masih masuk. Sebelumnya gak gini.


Gue pertama follow si Bung kisaran 2017 dan twitnya masih sangat enak. Jarang sih dia interaksi. Tiap liat twitnya beneran dipikirin apa yang mau ditwit. Dikonsep. Pokoknya keren deh. Sering gue like. Gue juga sampe beli bukunya yang Garis Waktu. Gue malah gak tau kalau dia penyanyi. Gue taunya oh ini orang nulis buku sama suka bertualang. Pas memutuskan dia balik ke musik  tuh gue juga biasa aja dan gak gue dengerin.


Tapi pas dia makin populer dan dua tahun masuk apa sih tuh yang top account twitter gitu, dia kayak berubah. Dia tau pasar, terus dia main di situ. Twitannya masih dipikirin dan dikonsep tapi lebih nyasar ke segmentasi itu. Puncaknya adalah pas gue denger lagu dia yang Celengan Rindu. Penggunaan lirik mention-mentionan di Twitter, bincang di Whatsapp, dengar Sheila on 7 awalnya terdengar lucu juga yah. Tapi semakin didengar kok malah kayak dipaksakan yah. Dipaksakan buat pasarnya dia. Padahal gue suka lagu dia yang April. Yang emang gue denger pas di tahun 2017 pas awal-awal follow dia.


Dua kali masuk 10 besar. Bisa jadi tahun ini juga masuk.


Terus di lagu yang baru ini. Yang dua kunci itu. Coba deh baca liriknya. Penggunaan kata dag-dig-dug, adanya kata belek, adanya kata move-on, agak cringe gak sih? Ah mungkin gue aja yah yang ngerasa? Tapi kalau lo search aja nih di Twitter dengan keyword Fiersa Besari cringe, pasti lo nemu beberapa twit dari orang-orang yang juga berpikir seperti gue.


Penggalan dari lirik Lagu Dua Kunci




Dibilang kecewa juga enggak sih. Tapi agak disayangkan aja gitu. Kita semua tau kan dia itu penulis buku, bacaan bukunya juga bagus. Kayak bukunya Pram, atau buku sejarah lainnya. Sumber dan referensinya bagus. Selera musiknya juga bagus. Gue lupa sih yah tapi dia pernah maen musik emo kalau ga salah. Punya wawasan musik yang cukup luas. Tapi dengan banyaknya input yang kaya itu kok bisa output-nya kacangan. Lirik receh. Si Bung kan penggila sastra. Masa output-nya begitu sih. Diksinya itu lho.


Penggunaan kata yang kayak gitu rasanya emang buat narik minat dari pasarnya dia. Biar dibilang lucu kali. Biar dibilang receh. Atau biar diomongin kali. Kaya gue sekarang. Padahal gue yakin si Bung  bisa bikin karya dengan lirik yang luas bisa dipakai siapapun. Kayak di April atau Waktu Yang Salah. Sayang majalah Rolling Stone Indonesia udah gak ada. Gue penasaran bakal keluar review seperti apa buat dua lagu yang gue sebutin tadi. Celengan Rindu sama Lagu Dua Kunci.


Gue juga inget kalau dia pernah ngetik sesuatu yang gue respon kalau kayaknya dia lagi nyari circle selebtwit. Kan lagi musim tuh waktu itu. Tapi pas gue cari lagi twitnya ternyata udah dihapus sama dia.


Penasaran dulu nulis apa yah


See? Kayaknya dia lebih menikmati dirinya yang sekarang sebagai selebtwit ketimbang penulis, atau apa, penyanyi, dan petualang. Cuma dengan berubahnya dia ke kayak sekarang gue rasa dia udah gak cocok dipanggil Bung. Panggil aja dia Bang dengan ejaan kekinian; ngab.

 

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner