-->

Sabtu, 05 Maret 2011

[REPORT] 1st Anniversary of L'Arc~en~Ciel Indonesia group : SMILE FOR AWAKE


Sebuah acara musik bertemakan ulang tahun komunitas di gelar pada Minggu, 13 Februari 2011 yang bertempat di Viky Sianipar Music Center. Acara berjudul SMILE FOR AWAKE ini digelar untuk memperingati ulang tahun pertama dari komunitas L’Arc~en~Ciel Indonesia (komunitas pencinta L’Arc~en~Ciel yang ada di Indonesia). Meski ulang tahun nya jatuh pada 22 November, namun acara perayaan nya dibuat mendekati perilisan album the best TWENITY yang dirilis pada 16 Februari, dan memilih tanggal yang tepat agar para Cielers (sebutan untuk fans L’Arc~en~Ciel secara global) yang berasal dari luar Jabodetabek bisa datang dan ikut menyaksikan acara. Acara yang di sponsori oleh SOYJOY, dan full support oleh Japanesia, MD Radio serta tabloid TOP IDOL INDONESIA ini membuat sukses acara.


Acara dimulai jam 10 pagi dan Cielers pun berdatangan, bahkan Cielers dari Surabaya, Sidoarjo, Bandung, Semarang dan Pekalongan sudah datang sejak Sabtu yang disambut dan dijemput serta diberi tempat untuk menginap oleh Cielers Pusat. Segala atribut tentang L’Arc~en~Ciel bertebaran di kaos para pengunjung. Kamera untuk mengabadikan acara pun tak lupa dibawa. Tak hanya itu, stand makanan dan minuman bernuansa Jepang telah siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengunjung. Meski pengunjung yang datang kebanyakan anak muda, namun pantauan penulis, ada juga pengunjung yang datang meliputi anak-anak maupun orang tua yang turut serta bernyanyi tua muda, lelaki dan wanita semua turut serta menyatu. 

Cielers dari Bandung

Cielers Pekalongan

Cielers Jatim (Sidoarjo dan Surabaya)

 
Tua Muda




 

Masuk ke bagian acara, dimulai dengan para  band hasil audisi yang membawakan lagu-lagu L’Arc~en~Ciel menghibur penonton yang sebagian masih mengantri untuk membeli tiket dan masuk ke dalam arena. Terlihat sekali antusias dari para penonton untuk bisa menikmati acara ini. Sing along bersama sang artis membuat suasana semakin meriah. Blurry Eyes, Remora, Make It On, Uwabakhi, Le Ciel dan Jeruks Band bergantian memancing adrenaline penonton untuk melepaskan energi kekal bernama antusiasme.



          Smile For Awake tidak hanya menampilkan band, tapi ada juga penampilan para cosplayer (costum-player) yang turut serta meramaikan acara. Memberi rehat sejenak kepada penonton, para Cosplayer pun beradu acting untuk memberikan penampilan terbaiknya. Bermacam-macam cosplayer mulai dari kostum game, anime, tokukatsu, sampai original pun ditampilkan untuk mencari tiga pemenang juara. 

Kembali ke musik, para band featuring mulai menampilkan aksinya. Monalisa, Yume, Shirushi, HaChi bukan lah band covering L’Arc~en~Ciel melainkan spesialis covering band tertentu (kecuali HaChi). Mungkin hanya di acara ini lah bisa melihat para band diatas tampil membawakan lagu L’Arc~en~Ciel. Selain mereka, band featuring diisi pula oleh Dark Rose dan juga Last Exile yang memang band covering L’Arc~en~Ciel. Semua artis diatas membuat aksi semakin heboh apa lagi banyak juga band yang membagi-bagikan CD, bahkan ada yang melempar pisang


Selain band dan juga cosplay, ada dancer dari Senorita yang tampil menggoda. Oh iya, meski acara ini adalah acara ulang tahun para Cielers, namun banyak juga komunitas serupa yang diundang dan turut hadir. Sebut saja nama-nama X-JAPAN INDONESIA, YUI-INDO, Dir en grey Indonesia, I No Arashi, Orange-Range Indo Familia, KAT-TUN INDONESIA, Ikimono Gakari Indonesia, dan juga Gackt Dears Indonesia serta Gazerock Indonesia. Mereka hadir dan ikut memberikan selamat atas terselenggaranya acara Smile For Awake ini. Sebuah silaturahmi yang indah ketika J-Fans berbeda namun bisa bersatu. 

I No Arashi, X-ID, dan YUI-INDO

I No Arashi dan KAT-TUN Indonesia








After break, ada special performance dari HoneybeaT. Band specialist covering Tokyo Jihen ini pun menyanyikan lagu dari L‘Arc~en~Ciel. Status ‘special performance’ dibayar dengan penampilan yang memang bagus. Terlebih dua vokalis wanita yang sangat atraktif dengan pianika nya. Masuk ke bagian Guest Star, ada The Lemonade yang tampil jauh-jauh dari Semarang untuk bisa menghibur para Cielers. Band ini mendapat applause meriah apa lagi ketika sang drummer bermain solo. Tanpa bermaksud membuat lelah penonton, Zeal di panggil untuk terus menghibur. Band Zeal ini pernah bermain pada acara L’Arc~en~Ciel Nite beberapa tahun silam yang juga menampilkan J-Rocks yang saat itu belum begitu terkenal seperti sekarang. Power nya masih terasa menggigit.

HoneybeaT
The Lemonade
 Perayaan simbolis dengan memotong kue dilakukan oleh perwakilan dari panitia, Cielers, musisi, dan juga dari komunitas lain sebelum Obake main. Harapan dan doa terucap. Dari banyak pertanyaan baik kepada musisi ataupun penonton, banyak yang mengharapkan cara seperti ini bisa menjadi acara tahunan atau menjadi acara wajib. Obake menjadi band penutup dengan membawakan lagu-lagu yang telah disiapkan. Dan di lagu terakhir, dancer Senorita diajak untuk berkolaborasi bersama Obake dan juga gitaris serta vokalis lainnya Bukan hanya Obake yang tampil berkolaborasi bersama sesama musisi. Tapi band lain pun ada yang berkolaborasi sesama pengisi acara. 


 Acara ditutup malam hari dengan ucapan pamit dari MC yang setia dari awal sampai akhir memandu jalannya acara. Acara berlangsung sukses. Namun masih ada catatan minor tentang acara ini. Kesadaran pengunjung untuk menjaga kebersihan masih kurang sehingga banyak sampah berserakan. Untung nya panitia sigap dan mengambil inisiatif untuk mengosongkan arena saat break hanya untuk membersihkan sampah agar pengunjung bisa nyaman untuk melanjutkan menyaksikan jalannya acara. 

Pada dasarnya, hari itu adalah hari dimana silaturahmi terjalin. Baik sesama Cielers, J-Fans, maupun musisi/ J-Band Indo. Hari yang membuktikan bahwa di Indonesia pun banyak sekali kaum/komunitas minoritas yang bisa membuat suatu yang bisa membuat orang lain tersenyum. 


Dan semoga saja harapan dan misi utama L’Arc~en~Ciel yaitu Bring L’Arc~en~Ciel to Indonesia bisa menjadi kenyataan secepatnya 













Tentang Komunitas


Komunitas Cielers di Indonesia tergabung dan terbentuk dari Facebook. Dengan account bernama L’Arc~en~Ciel Indonesia , tercatat ada lebih dari 12.000 member. Berasal dari Facebook, maka pada 22 November 2009, group L’Arc~en~Ciel Indonesia melakukan gathering dan hari itu dijadikan sebagai hari lahirnya Cielers di Indonesia. Selama satu tahun berjalan, Cielers di daerah terdorong untuk melakukan gerakan semata dan mulai mengumpulkan massa. Tercatat Bandung, Makassar, Yogyakarta, Banjarmasin, Tasikmalaya, dan kota-kota lainnya (selain Jabodetabek yang tergabung dalam Cielers Pusat) terbentuk.

Sudah banyak acara yang digelar selama setahun ini. Mulai dari L’Arc~Coustic pada februari 2010, lalu Buka Bersama Cielers pada Agusutus 2010 dan yang terakhir adalah Smile For Awake ini. Begitu juga dengan di Bandung. Sudah ada dua acara yang digelar. Trubute to L’Arc~en~Ciel dan 1st Anniversary nya digelar. Acara-acara tersebut kerap mengundang para musisi yang sering tampil di acara-acara J-Event di Jabodetabek seperti OBAKE, Last Exile, Dark Rose, HaChi, Dexter, Belle ‘de Art, Dll. Bahkan group ini pun pernah menjadi cosplayer pada acara launching buku Lost In Japan di Gramedia pada Desember 2010.

Hubungan antar communt pun sangat baik. Apalagi dengan YUI-INDO dan X-JAPAN INDONESIA. Serta memiliki mimpi untuk menciptakan motto Unity in Diversity. 




Untuk bisa bergabung silahkan join di group di Facebook:
@Cielers_ID (twitter)


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner