-->

Rabu, 06 Juli 2022

Trip Singkat ke Bogor

 

Awal Juli ini diawali dengan cukup baik. Paling gak kalau diukur dari akhir pekan. Hari Sabtu tanggal 2 kemarin gue nge-grab dan dapet lumayan buat ukuran gue yang udah lama gak narik. Terus Minggu 3 Juli gue dan temen kantor ngadain acara jalan-jalan ke Bogor. Yang terakhir ini yang mau gue ceritain.

 

**


Ide maen ke Bogor ini sebenernya udah lama. Mungkin sekitar sebelum bulan puasa. Tapi yah karena ada drama dan waktu yang gak cocok akhirnya mundur terus. Gue sampe minta ke dua orang temen gue untuk mereka bebas pilih tanggal. Karena emang yang sulit di mereka. Setelah dirundingkan, mereka pilih tanggal 3 Juli. Anggota yang berangkat terdiri dari gue, Fia, Atin, Kak Uci dan si kembar Yuki Yumi.


Janji kumpul jam 8 di Tanah Abang harus mundur sampai jam 11 lewat. Alasannya karena hujan dan ada yang kesiangan. Yaudah deh yang penting jalan. Gue Fia dan Atin ketemuan di Stasiun Tangerang. Itu juga lumayan drama. Gimana gak drama. Kereta udah ada. Gue udah masuk kereta. Mereka sampe, katanya jangan masuk dulu karena mereka terhambat untuk antre topup. Gue keluar, nunggu lama. Lalu mereka datang, dan kami masuk lagi. Seperti yang bisa ditebak, kami gak dapet tempat duduk. Perjalanan dimulai.


Sampai di Stasiun Tanah Abang untuk ketemuan sama Kak Uci. Lumayan lama. Ada kali setengah jam. Terus pas mereka muncul kami langsung naik dari peron 3 buat ke Manggarai. Awal Juni lalu emang ada perubahan jalur KRL yang bikin siapapun yang mau ke Bogor harus berhenti dulu di Manggarai. Untungnya dari Stasiun Manggarai itu gue dapet tempat duduk. Mereka pada duduk di gerbong cewek. Katanya sih si Fia sama Atin gak dapet kursi. Mereka baru dapet setelah beberapa stasiun berikutnya. Gue pribadi milih tidur sejak dapet kursi. Karena ya,,,, Lelah.


**


Sampai di Bogor pas Dzuhur. Lupa tepatnya jam berapa. Gue keluar dari pintu alun-alun Bogor. Ini pertama kalinya gue keluar lewat sini. Biasanya keluar lewat pintu yang satu lagi. Yang ada JPO. Oh, ada kejadian menarik. Jadi ada abang-abang yang lagi janjian. Dia telponan dengan suara keras. Kedengeran sama gue. Dia bilang kalau dia udah di loket kok gak ketemu. Pokoknya dia bilang kalau dia udah di depan loket, lawan bicaranya juga udah di depan loket, tapi pada gak ketemu. Yah gue sih jadi beranggapan, jangan-jangan mereka beda loket makanya gak ketemu. Satu nunggu di pintu A satu nunggu di pintu B, dan keduanya sama-sama gak tau kalau ada dua pintu masuk.


Sampai juga di Bogor. 
Foto dulu sebelum naik Gocar.


Makan di Mang Ewok


Awalnya kami punya tujuan ke De Voyage. Ngeliat dari maps, lumayan jauh. Terus ganti destinasi ke Kebun Raya Bogor. Eh tapi gak jadi. Perut yang lapar jadi prioritas utama untuk diselamatkan. Hasil googling singkat ngasih pilihan ke Saung Mang Ewok yang lokasinya di pusat kota dan deket banget sama Kebun Raya Bogor. Semua setuju. Kami naik Go Car dan sampai dengan selamat.


Kesan pertama; wah kayaknya asik. Berasa homey banget. Terus ada outdoor lesehannya juga. Kalau malem sih enak yah soalnya ada lampu-lampunya juga. Gue milih duduk di outdoor tapi bukan yang lesehan. Menunya lumayan murah kok. Gue baru inget kalau Mang Ewok ini terkenal karena sop buahnya. Tahun 2017 waktu gue sepedahan sama si Dennis, gue pernah makan sop buah ini juga tapi bukan yang di lokasi kemarin. Lokasinya di deket Taman apa gitu. Banyak jajanan juga di sini. Gue inget waktu itu rasanya seger jadi gue pesen lagi es buahnya. Selain itu gue pesen cuanki sama cireng. Cirengnya patungan.


Menu yang dipesan.


Mari kita review sedikit.


Rasa cuankienya enak, tapi gak memorable. Isinya selain pangsit goreng, juga ada baso 2 pcs sama beberapa benda kayak dimsum gitu. Gue makan polosan dan menurut gue sih enak ya. Kuahnya seger. Selain cuankie ini ada juga cuankie tom yam. Bedanya sih gue rasa ada di kuahnya. Kami berempat pesen cuankie semua.


Gue dan Fia sama-sama pesen sop buah. Bedanya kalau dia pakai sop buah duren. Menurut gue sih rasanya seger ya. Terus isi buahnya sama kayak waktu itu. Isinya agak gak umum dengan adanya sawo dan jambu biji merah. Kalau yang duren Cuma ada tambahan duren di atasnya. Durennya masih yang berbiji.


Kak Uci pesen siomay komplit dengan request kolnya diganti kentang. Eh pas datang malah banyakan kentangnya. Siomaynya mungkin cuma 1 potong aja. Menurut gue sih bumbunya enak. Kental karena banyak kacangnya. Cuma emang agak pedes dan gak cocok buat anak-anak. Gue berasumsi kalau pesen batagor pun demikian.


Total belanja di sini habis 300.000 lebih karena ada biaya service charge dan juga pajak. Pembayaran bisa non tunai dengan EDC BCA. Kami sempet nyampein keluhan tentang siomaynya. Berharap ada perubahan biar ke depannya jauh lebih baik.


**


Habis makan lanjut ke depan Kebun Raya Bogor. Jalan kaki cuma 15 menitan. Mengingat waktu yang udah sore banget jadi rasanya gak mungkin buat keliling di KBR. Gue foto-foto aja di depan gerbang sama di deket Tugu Kujang. Tujuan berikutnya adalah ke Surya Kencana atau yang akrab disebut Surken.


Cuma foto di gerbangnya aja


Jalan di Surken


Surken merupakan suatu wilayah yang lumayan terkenal karena banyak tukang makanan. Salah satu destinasi wisata kuliner. Ada di sini ngingetin gue sama area Pasar Lama Tangerang atau Jalan Braga. Bedanya kalau di sini jalannya udah lumayan bagus. Terutama buat pedestrian.


Fotonya monoton ya. Cuma selfie. Udah pada capek


Di jalan ini sempet ngaso di salah satu Alfamart buat isi tenaga sekaligus ngadem. Di seberang Alfa ada tempat gelato yang Namanya Kuppic Gelato. Ini adalah tempat yang tiba-tiba aja ingin nyobain gelatonya. Harganya juga murah. Cuma ceban buat dapet 2 rasa. Yah karena awal-awal dan belum tau gimana rasanya jadi gak beli banyak-banyak dulu.


gelato menemani perjalanan


Jalan lagi sambal nikmatin gelato. Jarak kami berjalan menuju lokasi berikutnya 1,7 km. Gue udah nyaranin apa naik Gocar aja sampai lokasi ini, tapi katanya nanti aja pas ke Stasiun. Oh yaudah dong. Di sepanjang jalan itu gue ngeliatin lagi kanan kiri menikmati suasana. Yang lucu adalah ada seorang pengamen yang tiba-tiba nyanyi dan liriknya pakai kata-kata yang emang ditujukan ke gue dan temen-temen. Dia bilang abang baju putih jaket merah, terus dia bilang kakak kerudung cokelat, terus ditanya mana yang masih jomblo. Kreatif dan menghibur. Ketimbang coverin lagu orang. Ini lebih ngena dan terasa personal.


**


Setelah berjalan sekitar 1,7 km dari Kuppic gelato, sampai juga kami di lokasi berikutnya; Roti Unyil Venus. Ini adalah tempat orang-orang beli oleh-oleh. Antriannnya lumayan panjang. Gue inget dulu waktu sama mantan gue gak jadi beli karena males ngantri. Tapi kali ini gue harus beli. Buat oleh-oleh di rumah. Yang antri cuma tiga orang. Gue, Atin, dan Kak Uci. Si Fia nemenin Yuki Yumi yang keliatan kecapean. Ada warung di sebelah buat duduk nungguin kami. Kalau mau yang proper sebenernya ada Dunkin Donut di sebelahnya juga.

Antri dari sini


Perlahan-lahan antrian maju dan sampai di depan. Gue pesen 3 box isi 15 pcs. Dari banyaknya jenis yang ada, gue milih hampir semua kecuali yang abon, croissant, sama yang gue anggap gak ada isinya. Pembayaran pakai kartu. Oh iya, disarankan buat bawa kantong belanja sendiri ya. Mereka gak sedia kantong plastik soalnya.


Pas gue Cobain ternyata gue paling suka sama yang double cheese. Enak banget yang ini. Yang lain juga enak sih. Tapi yang paling bikin jatuh cinta buat gue sih yang double cheese itu yah. Kalau kata abang Gocar yang bawa kami pulang ke Stasiun, Venus tempat gue beli itu gak komplit. Pilihan lebih banyak ada di yang satu lagi. Deket sama mall apa gitu ya, gue kurang nyimak. Tapi antrinya lebih parah pasti. Soalnya pas gue antri di Venus yang ini, ibu di depan gue cerita antriannya lebh pendek di sini ketimbang di sana. Si Ibu udah ke sana dan karena antriannya yang panjang banget terus dia pindah ke sini. Setelah menunggu lama kami semua pulang dengan membawa bungkusan dari Venus.

 

**


Stasiun Bogor jadi destinasi terakhir. Udah pada capek. Beruntung banget dari stasiun ini bisa duduk sampai Manggarai. Meskipun duduknya gak sebelahan tapi masih di gerbong yang sama. Gue Cuma bisa tidur ayam aja. Atin yang ada di seberang gue keliatan pules banget. Baru bangun di Manggarai. Dari sini kami naik lagi. Kak Uci turun di Tanah Abang sedangkan gue bertiga naik dari Duri. Di sini juga beruntung bisa dapet kursi. Dan seperti yang bisa ditebak, kami semua tidur. (Meskipun tidur ayam). Perjalanan berakhir dengan masing-masing sampai ke rumah.


Gue cukup seneng karena bisa jalan bareng. Kayaknya ini pertama kalinya gue jalan bareng temen kantor deh. Di luar kerjaan ya. Tapi emang sih waktunya kurang lama. Gue sih kebayang kalau nanti pergi lagi ke mana gitu. Mungkin Ancol, atau wisata museum. Yang sekiranya enak aja. Entahlah.


See you.
(Ya kan, fotonya monoton. Dan kameranya juga burik)


Suka tulisan ini? Silakan bagikan di semua platform dan jika berniat memberi apresiasi silakan klik banner berikut. Terima kasih sudah membaca.


Nih buat jajan

 

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner