-->

Jumat, 29 Juli 2022

KemBali ke Bali

KemBali ke Bali..!

Baca kalimat tersebut dengan suara lantang.

Setelah kunjungan sebelumnya pada bulan November 2021 lalu, akhirnya gue balik ke Bali. Sebagai sebuah provinsi rasanya mustahil bisa kelilingin Bali dalam waktu 3-4 hari. Jadi emang perlu ke sana lagi. Kesempatan kedua gue untuk ke Bali terjadi 09-12 Juni 2022. Begini ceritanya.

Gue masih pakai tiket dari beli Air Asia Unlimited Pass. Waktu Maret lalu mereka restock lagi dan gue langsung ambil trip di tanggal 06-08 Juni sama 11-13 Juni. Sengaja ambil jam yang malem supaya rawan reschedule. Kalau dapet reschedule atau retime dari pihak maskapai, kita bisa pindah ke 30 hari ke depan. Gue dapet notif retime, langsung gue ganti tanggal 09-12 Juni. Gue waktu itu dapet harga 215.000 untuk pulang-pergi.

Dibukanya area parkir di TOD M1 bikin akses motor ditutup. Untuk ke bandara T1 mesti lewat Jalan Perimeter yang lumayan jauh. Gue milih turun di TOD M1 dan lanjut naik shuttle bus. Ada 2 shuttle bus. Yang free dan yang berbayar. Tujuan ke T1 tapi harus ikut muter ke T2, T3, Kargo, Stasiun Bandara. Muter-muter intinya. Tapi seru kok. Untung masih sempet. Di Bandara gue nunggu dibukanya pintu ke pesawat. Udah banyak Simple Plan sama Coldplay di sini. Bule maksudnya. Hehe. Jam 21:55 jadwal terbang gue tapi molor beberapa menit. Perjalanan udara dimulai. Ini penerbangan malam pertama gue.

Trouble di Kubu Hotel

Sampai di The Kubu berkat jasa mamang ojol tepat jam 1 kurang. Ada kabar buruk. Katanya pesanan gue gak ada di system mereka. Gue udah nunjukin semua bukti tapi tetep gak bisa karena kamar penuh. Terus gue minta izin tidur di gazebo. Bisa tidur sih akhirnya. Cuma ya banyak nyamuk dan lumayan keganggu karena suara yang benerin vespa.

Emang sih si Kubu ini bermasalah. Gue udah info di dm IG gak dibaca. Gw wa juga gak gau statusnya. Ditelpon gak diangkat. Susah dihubungi. Parah. Gue komplain ke Traveloka dan masih nunggu progres. Masih gak tau ini kesalahan Traveloka atau pihak hotel.

Pagi harinya gue bangun buat sholat Subuh di gazebo tempat gue tidur. Abis itu ngabisin waktu di Kuta. Jaraknya deket. Cukup dengan jalan kaki 15 menitan.

Pagi di Pantai Kuta

Suasana Kuta saat itu udah riuh dengan suara ombak. Beberapa orang ada yang foto-foto, berenang, surfing, dan juga menikmati suanana pagi dengan rokok dan kopi. Ada juga yang tidur. Gue cuma menikmati pagi dan ambil beberapa foto sampai akhirnya seorang Ibu muncul. Menawarkan dagangannya.

Terjadi obrolan. Dia nawarin celana pantai sama udeng. Tebak gue beli apaan? Hehe gue cuma beli udeng. Harganya Rp. 15.000. Bagus buat property foto dan etnikal banget.

Abis dari situ gue melipir ke Indomaret. Beli air minum sama nasi. Gue ke sini karena pengen nge-charge hape. Semalem di gazebo gak ada colokan. Oh, gue juga sambil nunggu penyewaan motor. Lumayanlah ada sejam lebih gue di sini.

Waktunya Ekspedisi

Motor udah ada. Kena harga Rp. 55.000 perhari untuk unit Vario CW. Lumayan murah. Udah gitu gak pake DP, gak tahan KTP juga. Asik banget. Simple. Untuk motornya standar lah ya. Masih enak juga kok. Dengan kondisi motor kayak gini gue cukup merekomendasikan dan kayaknya bakal jadi pilihan utama kalau mau sewa motor di Bali.

Tempat pertama yang dikunjungi adalah daerah Bedugul. Daerah ini mirip-mirip Puncak atau daerah Bandung atas yang banyak pepohonan. Sesekali malah ngingetin gue sama kampung halaman karena medan dan pemandangannya kurang lebih mirip. Tujuan pertama buat ke sini adalah makan di Rumah Gemuk. Tetapi sebelum sampai ke sini gue mampir dulu ke Danau Buyan buat ngeliat potensi dan pemandangan alamnya.

Danau Buyan

Danau ini kayaknya bakal jadi tempat hits berikutnya. Beberapa tempat makan dan camping ground terlihat baru. Landscape berupa danau dengan gunung tetep jadi sajian utamanya. Ada yang mancing, ada yang nongkrong, ada yang pacaran brutal. Gue ke sini sebatas ngeliat aja sambil istirahat sebelum ke Rumah Gemuk.

Berhubung cerita ini bakal lumayan panjang jadi gue bakal bagi ceritanya di tulisan yang berbeda. Tujuannya jelas dong biar makin enak bacanya dan gak kepanjangan. Nah cerita pertama sekaligus mini review tentang Rumah Gemuk bisa dibaca di SINI

Jalur yang Ekstrim Menuju Batur

Puas makan dari Rumah Gemuk kami lanjut ke Batur buat glamping. Kalau liat di peta sih perjalanan lumayan ya. Sekitar 1.5 jam. Sepanjang jalan di awal gue disuguhi oleh kabut. Cuaca juga dingin. Sempet beberapa kali gerimis kecil. Gue yang tadinya cuma pake outer jeans harus minggir buat pakai turtleneck yang ada di tas. Jadi waktu itu gue pake 3 lapis. Kaos, turtleneck, dan jaket.

Jalan berkabut, sudut pandang terbatas.

Kejadian terulang lagi pas liat maps. Gue sangat berterimakasih buat Sofi yang nemenin perjalanan, terlebih kemampuannya membaca peta bisa ngebantu dan menenangkan gue. Cuma nih yah, Google Maps lagi-lagi bikin sebel. Ya kali gue dikasih rute tembus gunung. Gilaaaa...!!

Itu terjadi pas mau akhir. Pas mau sampe. Jalurnya ekstrem. Belah gunung. Sampe mau nyasar ke jalan buntu, jalan yang kayaknya cuma cukup dilewatin orang aja, bukan kendaraan. Sampe udah mau sampe tuh gue ngelewatin beberapa hutan bambu, tanjakan dan turunan. Waktu itu posisi udah hampir gelap. Gue udah bodo amat kalau misal ngeliat atau nabrak setan. Bodo amat yang penting keluar dari situ dan ketemu jalan gede.

Pas keluar dari situ dan ketemu titik terdekat ke lokasi, wuih puas banget meskipun beberapa orang ngeliat keheranan ke kami karena bisa muncul dari situ terlebih outfit kami yang emang terlihat cukup nyentrik kalau dibandingin sama warga yang biasa lewat jalur itu.

Akhirnya sampai di lokasi yang dituju yaitu glamping di Bali Sunrise Camp & Glamping. Cerita glamping ini bisa dibaca di SINI

Menikmati Kintamani

Tujuan berikutnya dari glamping ini adalah nyobain makan di cafe atas daerah Kintamani. Gue cuma tau satu nama yaitu Montana. Pernah denger?

Untuk sampai ke daerah ini perlu waktu sekitar 30 menit. Jalanannya asik banget. Aspalnya bagus, cuaca lagi bagus, dan pemandangannya cakep. Gimana gak cakep. Ada gunung di sebelah kanan, danau di sebelah kiri. Belum lagi jalanan yang emang ngelewatin pepohonan yang tinggi. Wah asik banget sampe gak sadar udah di atas.

Bukan Swiss.

Di kawasan atas itu ternyata ada banyak cafe dengan view sama yaitu Gunung Batur. Dengan kata lain, Montana Cafe bukanlah satu-satunya cafe yang punya view bagus. Gue dan Sofi sempet berhenti sejenak buat milih mau mampir ke cafe yang mana. Pilihan jatuh ke cafe Vedzpresso yang masih satu wilayah dengan Restoran Gunung Sari.

Ternyata gak salah pilih. Kita kesampingkan dulu tentang view karena semua cafe di situ view nya sama. Yang bagus dari cafe ini adalah ruangannya luas dan punya kursi yang banyak. Terus ada spot buat foto dengan view gunung dan danau Batur. Pas gue ke situ tuh dia baru buka sebulan yang lalu. Jadi masih lumayan baru.

View asik. Kalau datang pagi-pagi kita bisa liat awannya di bawah kaki kita

Santai menikmati suasana di situ asik banget. Terus gak sengaja gue liat ada orang yang diberhentiin dari kendaraannya. Gue baru inget kalau mau masuk Kintamani itu emang ada biaya retribusi sebesar 20 atau 25 ribu. Gue kurang inget. Tapi karena kami lewat dari jalur dalam makanya gak lewat jalur masuk Kintamani. Lumayan lah save 40-50 ribu. Sejauh yang gue tau baru di Kintamani dan Nusa Penida aja yang dimintain retribusi.

Semalam di Ubud

Perjalanan dilanjutkan dengan tujuan Ubud. Gue emang ada rencana nginep sehari di situ. Selama perjalanan gue sempet disuguhi pemandangan banyak pohon jeruk. Kayaknya emang di Kintamani ini salah satu wilayah yang cocok buat perkebunan.

Terus gue ngelewatin Tegalalang. Wah banyak banget bule. Apalagi pas sampai di Ubud. Gila sih ini. Udah menggeliat dibanding terakhir ke sana pas November 2021. Motoran di situ sempet ngelewatin jalan di pinggir Monkey Forest. Tujuan utamanya ke guest house. Namanya Darba Guest House, pesen di Traveloka dengan harga sekitar 50 ribu.

Sesampainya di guest house gue langsung check in. Gak pake lama langsung disuruh pilih kamar bawah atau atas. Wah ternyata luas. Enak banget. Nyaman. Karena emang berasa di rumah. Yang penting sih AC, Wifi, dan air panas jalan semua. Point plus nya adalah tempat ini deket dari pusat Ubud. Strategis.

Sore harinya kami makan malam. Pilihan jatuh ke L'Osteria Ristorante. Pilihan ini jatuh berdasarkan pengalaman Sofi makan di sini. Konon ini adalah restoran pizza paling populer di Ubud. Atau bahkan di Bali. Jangan heran kalau di Bali banyak restoran Italia. Kunjungan sebelumnya gue mampir ke Massimo Gellato, iya, Italia juga.

Makanan yang dipesen ada 2. Pizza dan apa yah,, kayak pangsit gitu tapi pake bumbu spaghetti. Gue kurang paham karena nama menunya pakai bahasa Italia. Gue cuma inget kata Rivoli.

Makanan yang dipesan dan minuman compliment

Makanan itu, Rivoli, bumbunya asin banget. Pas mau bayar Sofi bilang ke pelayannya kalau terlalu asin. Terus pelayannya ngecek dan kata chef-nya memang agak asin. Meskipun begitu kata si mbaknya asin banget. Terus kami ditawarin compliment berupa dua shot minuman. Gue gak minum karena ada alkoholnya.

Oia gue baru inget kalau pesanan utamanya itu kebanyakan non halal. Tapi banyak juga makanan yang bisa diganti pake halal version. Biasanya dengan cara ganti dagingnya.

Abis makan dari situ cabut lagi buat istirahat.

Trekking di Campuhan Ridge Walk

Pagi hari di Ubud. Cuaca masih bagus. Cocok untuk jalanin agenda yang udah disusun. Tujuan utamanya adalah ke Campuhan Ridge Walk. Untuk masuk ke sini gak dikenakan biaya maupun parkir kendaraan. Ini tuh tempat orang-orang berolahraga. Seenggaknya itu yang gue liat. Buat treking, bawa jalan anak atau hewan peliharaan. Tempatnya enak kalau masih pagi karena ada pemandangan hijau. Tapi kalau agak siangan yah lumayan panas. Ujung dari perjalanan sekitar 30 menit ini adalah kawasan seni dan resort.

Pose di area trekking

Gue baru inget kalau konon seniman hebat dan terkenal banyak ngumpul di Gianyar. Ubud masuk ke wilayah Gianyar. Gak heran kalau Ogoh Ogoh di wilayah ini banyak yang bagus. Di sana gue liat ada banyak studio maupun karya seni. Di kawasan yang gue kunjungi juga ada beberapa rumah merangkap studio pameran dari karya yang dibuat. Tujuan gue bukan buat liat ini tapi ke cafe di ujung sana buat istirahat sehabis treking. Nama tempatnya Karsa Cafe yang merupakan bagian dari Karsa Spa. Di sini cuma pesen minuman aja. Tempatnya lumayan enak karena view-nya ada sawah dan gunung.

Pesen smoothie Mangga

Gak ngabisin waktu lama di tempat ini karena gue udah harus pindah. Siangnya rencana turun lagi ke Kuta. Sofi dan gue nyari tempat makan bakso sampi yang sekiranya enak. Bukan apa-apa, nyari tempat makan bakso sapi di Bali itu lumayan susah karena sapi kan dianggap hewan suci buat agama mayoritas di Bali.

Kami akhirnya sampai di tempat makan bakso pinggir jalan. Rasanya lumayan meskipun gak terlalu memorable. Meskipun bakso sapi tapi tetep aja berasa kalau ada aroma ayamnya. Sofi berasumsi kalau baksonya itu gak murni daging sapi tapi dicampur daging ayam. Satu mangkok bakso harganya cuma 10.000. Ngeliat harga dan nginget lagi rasanya, yah mungkin si Sofi bener.

Untuk harga 10.000, ini oke lho.

Gue sempet mampir ke mall Trans Studio Bali buat ngadem. Terlalu awal buat ke pantai Kuta ataupun ke Bandara. Pesawat pulang gue terjadwal malem hari sekitar jam 10 malem. Gue juga nyempatin makan di sini. Iya lah bakso tadi kurang nendang. Dan gue juga mesti ngisi tenaga buat pulang nanti kan. Lumayan lama di sini sampai akhirnya kami pamitan di Parkir Central Kuta. Dia naik bis dan gue mampir ke Pie Susu Dhian. Waktu pertama ke sini gue juga mampir ke tempat ini buat beli oleh-oleh. Ada satu yang pasti. Tempat ini belum bisa terima pembayaran non tunai. Agak ngerepotin buat yang jarang bawa duit banyak kayak gue. Untung di sebrang sana ada ATM BCA. Gue beli beberapa oleh-oleh buat temen kerja, orang rumah, dan diri sendiri. Gue gak beliin buat mantan kayak sebelumnya setelah hubungan kami memburuk.

Cerita berikutnya adalah gue sampai di Kuta yang sayangnya rame banget. Maklumlah, akhir pekan dan masuk waktu senja. Gue parkir dan nengokin sebentar pantainya berharap nemu sunset yang cakep tapi ternyata zonk. Gila gue selama ke sini belum nemu sunset yang beneran cakep selain sunset nanggung di Nusa Penida. Penasaran banget pengen nikmatin sunset yang kece badai. Yang merah merona. Semoga secepatnya bisa dapet.

Karena gue gak dapet sunset gue memutuskan mampir ke mall di sebelahnya. Iya guys. Ada mall di pinggir pantai. Namanya Beachwalk. Konsepnya sih outdoor mall yah. Gue mampir ke sini buat liat aja dan mampir ke mushola karena waktu sholat Maghrib udah tiba. Nyari Mushola di Bali agak lumayan perlu usaha. Sebagai agama non minoritas, gue jadi mengerti akan sesuatu.

Jam pulang ke Tangerang gue habiskan dengan menunggu di Bandara. Motor gue tinggalin di parkiran sesuai instruksi dari PIC rental motor. Batre hp yang udah tinggal sedikit gue isi sambil tiduran di kursi tunggu. Gue berpikir bandara I Gusti Ngurah Rai kekurangan colokan akibat sedikitnya colokan yang tersedia. Di momen ini gue pengen banget cepet-cepet sampai rumah buat istirahat.

Bertemu Orang Menyebalkan

Gue rasa hampir semua orang tau kalau kita mesti matiin alat komunikasi ketika pesawat mau terbang. Fitur flight mode pada handphone dibikin bukan buat pajangan. Ada maksudnya  Awak kabin maupun pilot juga udah ngasih pengumuman berulangkali. Gue di perjalanan pulang itu ketemu sama orang yang nyebelin. Gimana gak nyebelin. Pas pesawat udah di runway bersiap terbang dan lampu udah dimatikan, penumpang di sebelah gue masih asik scroll ig dan wa.

Source WIkiHow

Gue yang udah cape dan khawatir akan keselamatan diri sampe bilang ke masnya, mas... Saya masih mau hidup. Abis itu gue tutup mata dannutup mata gue pake eyepad bersiap untuk tidur. Gue gak tau gimana kelanjutannya karena yang gue inget berikutnya adalah pengumuman dari kapten kalau pesawat bersiap mau mendarat.

***

Pada akhirnya gue sampai di Terminal 1. Gue keluar dan nunggu shuttle bus yang ke TOD 1. Untungnya gue sempet nanya ke satpam perihal tempat nunggu shuttle bus. Doi nunjuk ke arah gue dulu turun. Dengan jalan kurang dari semenit gue sampai dan gak lama kemudian shuttle datang. Gue naik mobil itu sampai TOD 1 dan nyambung naik ojol sampai ke rumah tengah malam. Abis itu gue ngapain? Coba tebak. Yup, gue tidur. Ada waktu 5 jam untuk istirahat sebelum gue bangun dan berangkat kerja.

Penutup

Trip kali ini jadi semacam memperkaya gue dalam menjelajahi Bali. Kalau dulu difokuskan ke pantai, kali ini main ke gunung dan danau. Malah sempet main ke mall juga. Gue seneng dan puas di tiap lawatan gue ke Bali. Kalaupun ada yang kurang, itu adalah karena gue belum nemu sunset dan bule cewek yang cakep. Semoga aja nanti bisa terwujud di kunjungan berikutnya. See ya...

Nih buat jajan

Credit picture goes to Sofi.