-->

Selasa, 11 Oktober 2022

Wisata Hemat Keliling Jakarta



Bulan Juli lalu gue dan temen-temen kantor satu divisi ngadain jalan-jalan singkat ke Bogor. Pernah gue tulis di SINI. Dari perjalanan itu gue dan mereka berniat buat jalan lagi. Baru terwujud 3 bulan berikutnya tepatnya 1 Oktober 2022. Lokasi yang gue tawarin adalah keliling Jakarta. 


Buat ngeyakinin mereka dan ningkatin rasa antusiasme, gue bikin rundown sekaligus destinasi wisata yang mau dituju. Gue juga ngeyakinin mereka untuk meminimalisir aktivitas jalan kaki. Gue kasih 5 aktivitas/tempat yang memungkinkan untuk dilakukan yaitu berkunjung ke Museum Nasional, Monumen Nasional, Perpustakaan Nasional, naik bus wisata dan terakhir main ke New Sarinah.


Destinasi pertama adalah Museum Nasional. Gue sama sekali belum pernah ke sini. Ternyata semuanya juga belum pernah. Personil yang ikut sama kayak kemarin cuma nambah satu orang bocil. Jadi selain gue ada Kak Uci dan anaknya si kembar Yuki Yumi, ceribel Atin dan Fia, plus Ucup adenya Fia. Empat dewasa dan 3 bocil. 


Kak Uci sampe lebih dulu di halte tempat meet up sedangkan gue Fia Atin masih di busway. Kalau berangkat dari Tangerang kan perlu turun di Grogol buat lanjut naik busway kan. Sebenernya bisa aja tepat waktu. Sial banget. Kereta berangkat cuma sekian detik pas gue udah mau nyebrang. Akhirnya mesti nunggu 20 menit buat naik kereta berikutnya. 


Museum Nasional


Museum Nasional dikenal juga dengan Museum Gajah. Soalnya di depannya ada gajah. Masuk ke sini udah gak perlu reservasi online karena bisa on the spot. Dewasa kena tarif 15.000 sedangkan anak-anak kena 7.500. Pas masuk ke sini kita diminta buat taruh tas kita di loker. Lokernya gak banyak. Gue aja pake satu loker buat 3 tas. Tujuan ke sini tentu buat nemuin Kak Uci yang lagi istirahat di cafe di dalam museum itu. 


Sambil menuju ke sana gue ngeliat banyak koleksi sejarah yang dilengkapi dengan papan informasi. Seru banget.


Keseruan ini muncul karena bisa liat banyak koleksi museum mulai dari arca, perhiasan, miniatur, lontar, dll yang tersebar. Yang bikin nambah seru karen pergi barengan jadi bisa sambil ceng-cengan atau merasa aneh pas liat sesuatu yang belum pernah diliat. Perasaan yang sama muncul bersamaan ngasih efek seru. 


Misalnya pas liat manusia purba, gue saling tunjuk sama Fia Atin. "Tuh lu tuh.." Atau pas liat koleksi sendal, Yuki (atau Yumi, susah bedain), nyeletuk tentang sendal aneh yang ada di etalase. Atau juga si Ucup yg ketawa geli pas dikasih liat patung yang ada tititnya. Seru lah ya.


Setelah foto sekali gue dan rombongan keluar. Niatnya pengen ngajak foto di pusaran di depan yang jadi mark tempat itu. Selain patung gajah tentunya. 


Yang penting ada dokumentasi 



Naik Delman


Tujuan berikutnya adalah Monas. Lokasinya deket dari sini. Sebelum ke sana gue beli es goyang yang ada di depan museum. Di situ ada juga mamang delman yang nawarin jasanya. Dia nawarin seharga 100.000 untuk satu rombongan. Diajak muter terus dianter sampai area depan loket Monas. Tapi kata Kak Uci kemahalan dan gak minat buat muter-muter. Yaudah kami semua nyebrang.


Di sini juga ada tukang delman. Dari buka harga seharga 75.000 akhirnya berkat the power of emak-emak, disetujui di angka 50.000. 


Men, dari halte busway Monas ke area pintu masuk Monas itu kan gak gitu jauh ya. Bisa jalan kaki, atau sewa grab. Tapi sensasinya beda kalau naik delman. Apalagi kalau perginya ramean. 


Bayangin aja. Rombongan gue terdiri dari 3 orang berpostur dewasa, 3 orang bocil, dan 1 orang masa pertumbuhan. Itu aja udah desak-desakan. Ditambah kusir delmannya. Jadinya si mamang kusir cuma duduk seperempat pantat. Iya cuma paha kirinya aja yang nempel ke kursi. Gue aja cuma kebagian buat nempel pantat doang. Untung jaraknya gak gitu jauh. Tapi seru sih. Kayaknya pengen deh suatu saat nanti naek delman lagi tapi yang agak jauhan/lamaan.


Naik delman gak istimewa 



Insiden Monas


Sampai di Monas setelah berkendara delman sekitar 5 menit. Ada insiden terjadi di sini. Dibilang kecelakaan, bisa juga. Tapi gue lebih setuju kalau disebut apes. 


Gini, si Fia itu kan pake sepatu sneaker yang ala ala outfit of the day itu kan. Nah gue gak tau gimana mulanya, yang jelas sepatu bagian atasnya kepisah sama bagian outsole-nya. Kebayang gak?


Sepatu itu jadi gak bisa dipake dong. Mesti dijait atau dilem. Tapi di lokasi itu mana ada. Yang ada malah penjual sepatu dan sendal. Itu juga yang bikin tujuan utama ke Tugu Monas jadi tertunda karena harus nemenin si Fia nyari sendal dulu. 


Pada akhirnya sih dia dapet yang dicari. Kebetulan juga adzan Dzuhur. Gue sholat dan yang lain nunggu di area FnB. Asik.. FnB. Pas gue balik mereka lagi jajan kerak telor. Gue berdua sama Atin. Seinget gue, ini adalah kerak telor pertama uang gue cobain. Lupa sih. Tapi kayaknya emang belum pernah. Oh iya abis dari sini lanjut deh ke tujuan.


***


Gue lagi mengingat kapan terakhir kali ke Monas. Ternyata sekitar tahun 2020 pas pandemi. Dulu pergi bareng si Anna cuma gak sampe ke dalem karena masih PPKM dan Monas belum buka. Sedangkan terakhir kali gue masuk ke dalam Monas tuh pas SD kali ya. Udah lama banget. 


Tujuan ke Monas ini buat nyobain naik ke tugu. Rencananya sih gitu. Tapi gagal karena antrian ke sana ngebludak dan tiket udah ditutup. Cuma bisa ke pelataran dan cawan aja. Yaudah deh daripada gak jadi. 


Tiket masuknya cuma 5.000 buat orang dewasa. Bayarnya pakai kartu JakCard (semacam Flazz/emoney) terbitan Bank DKI. 


Area pertama yang dimasuki tentu aja museum di bawah. Terus mulai eksplorasi ke atas, ke daerah pelataran. Di sini banyak banget yang duduk-duduk dan yang antri. Belakangan gue baru tau itu antrian buat naik lift ke tugu/puncak. Sedangkan tangga sebelahnya buat naik ke cawan. Oke, naiklah kami ke cawan.


Wah di sini enak banget. Anginnya kenceng meskipun cuacanya panas. Gak banyak aktivitas di sini kecuali duduk santai dan foto-foto. Cukup buat ngabisin waktu sebelum ke tujuan berikutnya yang gedungnya ada di seberang Monas.


Foto-foto di area cawan


Perpustakaan Nasional


Dulu gue ke sini pas 2019 bareng Sofia. Agak nostalgic juga. Tujuan ke sini karena emang jarak yang berdekatan. Dari Monas tinggal nyebrang aja. Gak ada syarat khusus buat masuk. Cukup scan Peduli Lindungi aja. Itu juga gak wajib. 


Gue bawa rombongan ke kantin di Lantai 4. Gue inget dulu pas ke sini dan beli jus buah tuh enak banget. Seger. Gue pesen menu yang sama. Oh, sama bakso deng. Baksonya oke lah meskipun agak lama. Cuma jus alpukat yang gue pesen kurang oke. Kayak mentah gitu. After taste nya kurang nyaman. Gue sampe minta gula buat nambah manis. 


Istirahat di kantin ini emang paling tepat setelah kepanasan dan kecapean dari Monas. Enak banget deh. Emang sih beberapa di antara kami udah renta tapi itu bukan alasan. Istirahat ini emang dirasa perlu. Sekaligus ngisi tenaga dan ngejaga mood. 


***


Dari sekian banyak lantai yang ada, gue langsung ajak mereka ke lantai tertinggi yaitu lantai 24. Tentu gue punya argumen dong. Gue ajak mereka ke sini karena sebelumnya gagal buat liat city view dari tugu monas. Lantai 24 ini punya ketinggian yang mirip atau bahkan lebih tinggi dibanding tugu Monas. Dari sini kita bisa liat pemandangan Jakarta dan menikmati angin yang berhembus. Asik banget. Salah satu tempat favorit. Gue liat Kak Uci maupun si Fia beberapa kali ambil gambar buat kenang-kenangan atau mungkin buat pamer. Gak tau. Yang penting mereka happy.


Salah satu sudut Jakarta dari pemandangan lantai 24


Ternyata gak semuanya happy. Ada kecemberutan atau sedikit kekecewaan bercampur heran dari para bocil. Katanya, "kok kita gak liat buku?" Atau, "Bukunya mana?". Yah bener juga sih. Secara bocil kan diajarin di sekolah atau yang mereka tahu perpustakaan itu kan tempat dengan banyak buku. Kemaren pas ke sana malah diajak ke Lantai 24 dan foto-foto tanpa sempet nikmatin baca atau lihat-lihat koleksi buku yang ada. Yah bener juga sih. Kunjungan ke sini jadi singkat karena ada agenda lain yang dikejar yaitu naik Bus Wisata.


Foto yang ada guenya jelek. Salah orang buat dimintain tolong. 


Bus Wisata


Bus ini sebelumnya jadi viral lagi pas ada artis Korea yang kebetulan naik ini. Sebenarnya sih mau viral atau gak gue gak peduli. Tapi dampaknya berasa. Semua ingin naik bus wisata ini. Apalagi atapnya terbuka. 


Ini bus yang diincar dan nyaris mendapatkannya. 
Pic source : grid.id



Antrelah kami di depan halte IRTI Monas. Udah banyak yang nunggu tapi antriannya gak tertib. Gue aja gak paham antrenya di mana. Ikut aja dulu sampai satu persatu bus datang. 


Ada dua rute. BW 4 rute Sky Scrapper (Sudirman Thamrin), dan BW 2 rute Juanda. Targer gue adalah BW 4 soalnya biar bisa turun di Sarinah. BW 4 jadi rute favorit terlebih si bus terbuka itu cuma ada di rute Sudirman. Itu juga cuma 1 dari 2 armada yang tersedia. 


Gila cuy saking ramenya sempet lumayan chaos. Itu lho, antrenya gak tertib. Terlebih lagi karena tiap orang bisa ngewakilin temen-temennya. Misalnya satu orang masuk duluan terus bilang kalau dia bawa 4 orang, nah nanti yang 3 lagi nyusul padahal dia gak ikut antre. Masalahnya, kapasitas sedikit. Ini jadi gak fair. 


Manusia itu kalau dihadapkan sama sesuatu yang mendesak biasanya ngilangin akal sehat, logika, dan empati. Waktu di antrean itu muncul juga sifat-sifat kompetitif untuk berebut masuk ke bus itu. Sampai akhirnya, kami gak sempet masuk dan itu adalah bus terakhir. 


Sedih? Lumayan. Gue tuh udah sempet masuk ke bus itu dan siap nge tap. Gue bilang kalau gue bawa bawa 7 orang (termasuk gue). Kata petugasnya kalau 7 gak cukup. Yah... Terpaksa turun lagi. Dari situ gue nyesel kenapa tadi gak beringas aja ya.


Nah guys gue baru tau juga. Sebenarnya pas dari halte Balaikota di depan IRTI itu sebenarnya ada busway yang langsung turun di Sarinah. Bus listrik yang gak masuk jalur busway umum. Adanya di depan Perpus. Harusnya naik itu soalnya dia bakal turunin kita persis di depan Sarinah.


New Sarinah


Sarinah itu baru peremajaan. Dulu aja tempat ini populer kan. Bukan karena tragedi bom. Tapi emang populer aja. Jadi tempat nongkrong banyak orang. Apalagi karena ada McD. 


Sekarang Sarinah udah gak ada McD. Gedungnya banyak perubahan dan yang lebih asiknya ada amphiteater sama taman di sebelahnya. Makin enak buat nongkrong. Pas gue ke situ malah ada mantan gue Mahalini yang lagi perform. 


Mahalini
Pic source: detik 


Tujuan kami ke sini sebatas nukerin voucher Es Teler 77. Udah lapar juga lagian. Gue sekalian sholat Ashar. Meskipun gak terlalu bisa enjoy karena area makannya yang kecil tapi cukup puas karena udah kenyang. 


Gak banyak yang bisa dieksplor di sini. Cuma sempet liat baju ataupun outer yang ada pas sekalian lewat. Ada tuh yang cakep tapi harganya 2 jutaan. Jujur yah, koleksinya bagus-bagus. Kalau mau kasih kado kayaknya beli dari sini aja kali ya.


Pulang


Akhirnya pulang. Kami pisah di halte Sarinah. Bukan shelter busway sih tapi ada busway listrik yang lewat situ. Gak ada awaknya juga. Kita tap in mandiri. Yang naik cuma Gue Fia Atin Ucup sementara Kak Uci naik Grab dari situ. Kami resmi berpisah. 


Bus listrik ini rutenya aneh juga ya. Rutenya sih ke Blok M. Tapi dia gak nurunin di halte reguler. Kayak ngambil tengah-tengah antara halte A dan B dari rute busway reguler. Bus listrik ini gak masuk ke lajur Busway lho ya. 


Gue nyaranin turun di halte deket Sudirman aja ketimbang naik lagi dari Grogol kayak rute awal. Lupa turunnya di mana, yang jelas gue mesti jalan dulu sekitar 200-300 meter buat sampe ke stasiun Sudirman. Di stasiun ini sempet liat beberapa aktor Citayem Fashion Show yang udah basi. Iya maksudnya trend-nya udah lewat lama banget tapi mereka masih eksis. Beda banget sama pas kunjungan ke Bogor Juli lalu sebelum trend. Gue sempet bilang ke Fia Atin tentang fenomena itu tapi mereka kurang ngeh sampe akhirnya beritanya viral banget.


Gak perlu diceritain gimana perjalanan selanjutnya karena setelah sampai Stasiun Duri kami semua tidur karena kecapean.


Epilog


Bisa dibilang perjalanan kemarin cukup seru. Dapet 4 dari 5 yang dituju itu udah 80% tercapai. Angka yang gede kan. 


Agenda berikutnya kemungkinan besar bakal ke Perpus lagi dan naik bus wisata. Sisanya belum tau ke mana. Yang jelas gue dan rombongan happy bisa jalan-jalan bareng dengan cara sederhana.




NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner