-->

Kamis, 08 Desember 2022

Menyiapkan Kematian

 



Kematian adalah salah satu misteri manusia. Kapan, di mana, dan gimana, semuanya jadi misteri. Gue menulis ini karena keresahan gue terhadap kematian yang bisa datang kapanpun. Dari keresahan itulah gue mencoba membuat tulisan ini.


Banyak yang gue pikirin. Misalnya, gimana dengan keuangan gue. Benda-benda favorit gue. Dan lain sebagainya. Gue bukan tipe orang yang bisa cerita ke orang rumah. Ada banyak hal yang gak gue ceritain karena mungkin mereka juga gak akan ngerti. Perlahan, gue nyiapin semuanya.


Pertama, gue tulis semua password, pin, dll dari semua medsos, no rekening, dan pin saham maupun reksadana yang gue punya. Gue tulis dan inget-inget semuanya supaya nanti bisa dipake sama orang rumah. Ya siapa tau kan gue meninggal pas ada saldo Gopay, saldo M-TIX, Flazz, dll. Lumayan kan daripada mubazir.


Terus untuk hal penting lainnya yang sekiranya orang rumah gak ngerti, gue tulis kontak dan nama mereka buat ditanya-tanyain. Contohnya investasi gue di saham dan reksadana. Gue taruh nomor kawan gue yang ngerti dengan harapan mereka akan bantu gue buat cairin duitnya. Ya siapa tau kan investasi gue jadi berkali-kali lipat nantinya dan bisa dinikmati sama keluarga gue.


Gak cuma yang berkaitan sama finansial. Gue juga cantumin beberapa kontak temen gue buat serah terima. Ada beberapa nama yang gue jadiin PIC buat ngurus komunitas. Lumayan lho followernya.


**

Selain hal finansial dan kerahasiaan akun pribadi, gue kepikiran bikin list hibahan deh. Ada beberapa item komunitas yang dipegang gue. Itu pasti bakal gue serahin ke seseorang. Terus ada beberapa item yang kayaknya cocok buat diserahin ke si A, si B, atau si X. Kalau item regular sih gak perlu. Kayak jaket, celana, gitar, dll itu masih bisa dipake sama yang lain. Sama sodara atau keponakan. Mungkin ke istri dan anak kelak. 


7/12

Kurang lebih satu minggu yang lalu gue mimpi temen gue. Melly. Dia udah almarhum. Bisa dibaca  DI SINI. Aneh aja gitu. Di mimpi itu gue lagi jalan sendirian kayak di peron kereta. Terus tiba-tiba ada dia, manggil gue dari belakang. Gue liat dia pake warna baju pink. Katanya diam au ikut gue soalnya gak ada temen. Kejadian mimpin itu pas gue bangun ternyata udah jam 3 dini hari kurang. Waduh. Gue gak tau artinya apa. Apa gue akan mati?

 

Kurang lebih pas awal Desember gue ngalamin lagi mimpi aneh. Gigi gue tanggal. Pernah denger mitos kalau gigi ada yang tanggal maka ada orang terdekat yang akan meninggal? Gue pernah denger itu tapi alhamdulillah sih sekarang gak kenapa-napa. Gak ada kejadian orang meninggal.


8/12

Salah satu alasan yang paling bikin gue cemas adalah karya gue di sini. Semua tulisan ini. Gue khawatir kalau tulisan ini bakal ilang suatu saat nanti. Alasannya karena gue pake domain .net ini. Kelak kalau gue mati dan masa berlangganan domain ini udah expired, web gue udah gak bisa ditemuin.


Solusi yang kepikir sama gue adalah gue bikin blog backup yang gak pake domain khusus. Jadi pake .blogspot.com. Kalau itu kayaknya gak akan pengaruh. Nantinya gue tinggal copas aja ke blog backupan itu. Ata uke wordpress juga. Kira-kira bener gak Langkah gue?

 

**


Well, mikirin ini gak ada habisnya. Terlebih soal kematian. Bisa aja esok atau lusa gue atau mungkin kalian mati duluan. Gue piker semuanya perlu persiapan. Dari yang sifatnya duniawi maupun akhirat. Semoga kelak kita mati gak nyusahin orang lain. 


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner