-->

Minggu, 01 Januari 2023

Kaleidoskop 2022




Tulisan tahunan yang selalu gue bikin sejak 2017. Gue lakukan buat nginget dan ngulang moment baik dan buruk sepanjang tahun. Ingatan manusia bisa memudar. Ini adalah langkah antisipasi kalau gue kelak lupa ingatan karena diculik alien ke planet Nibiru. Langsung aja ya.

 

Awal tahun 2022 masih nyisain residu kesedihan mengingat kandasnya hubungan gue sama Uni Capricorn. Tapi karena kerjaan dan aktivitas lainnya bikin gue cepat bangkit dan mulai bisa jalanin hidup kayak biasa. Misalnya nih ya, gue ketemu mantan Mbak Aries pas awal tahun baru sekadar buat makan dan ya meetup aja gitu. Kebetulan doi lagi di Jakarta. Di Januari ini juga gue coba skincarean meskipun hasilnya gak maskimal karena gue rasa gue kurang konsisten buat jalaninnya.


Bulan-bulan berikutnya banyak dijalani dengan naik turun. Salah satunya adalah gue divonis kena Covid-19. Meskipun gue bisa bilang kalau gue gak ngerasain gejala aneh-aneh. Meskipun begitu gue tetep ikut prokes dengan karantina mandiri dan bikin gue WFH. Dijalanin aja lah ya.


Gue sempet ngalamin moment asik juga selama 2022. Seenggaknya gue masih bisa jalan-jalan, masih bisa nonton konser, maen ke event Jejepangan, dan masih bisa ketemu temen-temen gue. Kayak yang gue bilang, naik turun. Kadang ada juga masa-masa gue kayak kepikiran sama hidup dan kematian. Tulisan terakhir gue sebelum gue nulis ini adalah tulisan tentang kematian. Dan tau gak, 2 orang temen kampus gue juga meninggal. Jujur gue gak gitu deket sama temen kampus. Tapi ketika ada temen yang meninggal, itu ngingetin gue sama kematian. Beruntung tahun 2022 gak ada keluarga gue yang meninggal.


Di tahun ini juga gue coba jual beli. Gue coba jualin semua barang second gue termasuk thrift. Kalau taun lalu gue aktif jualin mobil, kali ini udah jarang. Gue coba iseng jualan di marketplace. Bahkan gue bikin kerjasama bisnis sama dua temen kantor gue. Belum berhasil banget tapi masih coba dijalanin. Ada peluang di bisnis ini, tinggal tingkatin aja. Ini sesuatu yang juga pengen gue coba tingkatin di 2023.


Ada beberapa sub bagian yang pengen gue kasih ruang lebih banyak buat gue ceritain. Antara lain :


Komunitas

Well, sebenernya aktivitas komunitas L’Arc-en-Ciel Indonesia (LI) lumayan oke lah. Dalam setahun LI bikin 2 event. Event Nobar di bulan Januari dan event lumayan gede di Maret. Mengingat yang aktif cuma gue dan Erick, adanya dua event itu semacam keberhasilan buat kami berdua. Apalagi event berikutnya udah mau dibikin tapi belum nemu jodohnya. Kalau socmednya gue jadi jarang aktif. Kekurangan waktu dan sumber daya. Gue sih berharap ada relawan yang mau ngurus socmed LI biar bisa bagi tugas.

Nobar Januari 2022 di JDC

 
Poster Japan Fiesta Maret 2022

Poster vol 2 yg belum juga terwujud



Karier

Karier gue gak berkembang. Masih gini-gini aja. Entah kurang kesempatan, kurang skill, atau kurang relasi ya? Gue sempet dua kali interview tapi keduanya gak ada yang goal malah sempet bikin drop. Apply buat Jakarta Fair juga gak ada hasil. Sempet daftar buat jadi relawan World Cup 2022 Qatar juga gak masuk. Pakai cara penyalur juga gak lanjut. Makin ke sini makin ngerasa bahwa kemampuan gue tuh bukan di sini. Tawaran jadi marketing di property masih gue agak abaikan. Kayaknya tahun ini gue mau coba deh. Gak ada yang mudah emang tapi kadang gue berpikir kalau gue bisa berhasil di tempat gue saat ini, berarti udah lumayan dong ya? Maksudnya ini bukan bidang gue lho. Apa gue udah boleh merasa puas?


Jalan-Jalan

Gue masih sempet jalan-jalan dengan budget yang hemat seperti tahun lalu berkat Air Asia Unlimited Pass. Tahun ini gue sempet ke Bali 2 kali dan ke Lombok satu kali. Seru banget dan bikin kangen pengen ke sana lagi. Gue juga sempet jalan-jalan sama temen kantor ke daerah Bogor. Juga dua kali jalan-jalan ke Bogor kota dan keliling Jakarta sama temen satu divisi. Sempet juga ngerasain camping di daerah Bogor kali ya, gue lupa, bareng Dennis dan Helly. Sempet kencan dua kali ke Dufan juga.  Lumayan lah yah. Beberapa cerita sempet gue bikin tulisannya. Bisa baca di SINI.


Camping, Bali, Lombok, Bali, Bogor

Jalan-jalan Bogor kota



Ibadah

Disclaimer dulu yah. Gue nulis ini bukan buat pamer tapi buat bahan refleksi aja. Gue tuh sejak 2021 akhir sempet bikin daily check ibadah. Tujuannya buat gampang ngecek dan jadi trigger buat terus jalanin. Pas gue coba ya ternyata lumayan susah ya untuk konsisten. Tapi pas gue review lagi kayaknya lumayan ada improve. Emang mesti dibikin konsisten aja. Oh di tahun ini gue juga dikasih kesempatan buat kurban. Gue beli dari Tokopedia jadi gak liat kambingnya ataupun prosesnya.Cuma dikasih sertifikatnya aja.


Oia, yang template gue bilang itu sempet rame juga di Twitter. Gue share aja link nya biar siapapun yang mau bisa download dan coba jalanin. Mau juga? Nih download aja di SINI.

 

Reuni KNTL




Bulan puasa kemarin si Ahmad yang lagi di Jepang balik ke Indo. Moment itu langsung dibikin buat reunion sama temen-temen. Mumpung ada dia kami semua makan makanan yang dia kangenin, terus juga maen ke Flavorbliss buat foto-foto. Sempet juga BBQ-an. Gue belum tau kapan dia balik lagi. Sempet ada wacana gimana kalau kita bertiga yang ke Jepang aja. Wah ide bagus tuh. Bismillah aja dulu.

 

D’Genjrenk




Perkenalkan, Band Pelepas Dahaga, D’Genjrenk. Tau kan di 2021 gue cukup sering ngelive IG bareng si Erick. Nah dari situ perlahan muncul si Dian, lalu si Innu, jadilah D’Genjrenk. Proyek iseng yang dikasih panggung di acara sendiri waktu bulan Maret. Seiring berjalannya waktu nyoba lagi di Oktober dan dapet 1 panggungan. Di November dapet 5 panggungan. Wah gokil sih.

Gue sih seneng ya karena ini project music lumayan serius pertama gue. Dulu kan cuma maen pas sekolah aja. Jedanya panjang. Bareng D’Genjrenk ini gue coba peruntungan. Kayaknya gue cukup tau formulanya deh. Minimal bisa bersinar dulu deh di Jejepangan. Sering tampil, dan bikin lagu sendiri buat ditawarin ke tv ataupun  industry. Siapa tau kan, bisa maen di Synchronize. Doain aja ya guys biar D’Genjrenk awet dan makin diterima orang banyak.


Bicara Cinta

Gue masih main Bumblee sebagai salah satu bentuk istiqomah gue. Pernah beberapa match sama orang sampai berakhir dengan date satu dan date dua tapi gak berhasil. Ada juga yang sampai sekarang jadi temen makan atau temen nonton, sesekali temen tidur. Akhir taun sempet dapet kenalan anak cosplay. Anaknya baik dan welcome. Cuma setelah ke sini gue rasa emang dia baik ke semua orang jadi yah gak usah terlalu kepedean.


Tentang Uang

Waktu bulan Maret 2019 gue sempet nabung di gallon. Gue kasih tulisan kalau itu buat umroh dengan target 2 tahun. Di 2022 ini gue bongkar karena penasaran dan ingin gue alihin ke yang lain. Berhasil kekumpul sekitar 7 juta lebih. Gak inget detailnya. Uangnya gue konversiin ke hal lain yaitu beli saham.


Bongkar sentelah 2 tahun lebih


Beli saham ini sebenenernya udah pengen dari tahun 2021 cuma belum terwujud karena lupa password. Hehehe. Yaudah karena ini uang dingin akhirnya gue beliin deh. Gue juga nanya temen-temen gue yang udah duluan invest di sini. Gue disaranin beli BCA dan BRI. Yaudah gue beli. Dari uang itu kekumpul masing-masing 5 lot. Mayan lah. Pas terakhir gue cek udah naik 10% investasinya. Gue juga udah dapet dividen dari BCA meskipun nilainya masih kecil. Sejak saat itu gue sisihin gaji gue buat topup saldo RDN buat beli saham, selain topup reksadana, cicilan kurban, dan topup dana cadangan buat beli HP biar gak berat nantinya.

 

Argentina dan Messi

Bagi gue, World Cup 2022 Qatar adalah World Cup terbaik. Pertama, baru 1 team yaitu Perancis yang udah pasti lolos ke fase knockout di weekday 2. Sisanya harus nunggu pertandingan ketiga bahkan ada group yang harus nunggu hasil pertandingan di tempat lain buat mastiin timnya lolos ke babak berikutnya.


Penambahan technology kayak VAR, goal line technologies, dan penambahan waktu yang panjang bikin moment piala dunia makin seru. Banyak drama dan kejutan. Tim favorit gue yaitu Argentina keluar sebagai juara.



Gokil. Banyak sisi seru dari Argentina ini. Dari Emi Martinez, sampai panasnya pertandingan ngelawan Belanda dan diakhiri sama final kejar-kejaran lawan Perancis. Messi sama Mbappe kejar-kejaran buat jadi top scorer. Meskpin berakhir dengan adu pinalti, tapi skornya tuh 3-3. Emang ketat banget.


Tapi pada akhirnya yang berhasil jadi juara adalah Argentina. Messi jadi pemain terbaik di turnamen itu. Jadi pemain terbaik di 5 pertandingan Piala Dunia. Padahal usianya 35 tahun. Gila? Jelas. Mimpinya sekarang udah lengkap. Ah,, banyak banget dramanya. Scaloni yang diremehkan di awal, Dibu yang janji pengen ngasih gelar buat Messi, De Paul yang jadi ‘bodyguard’ Messi, Di Maria yang jadi pemain kunci di final kejuaraan dunia, dan Alvarez yang pernah ngidolain Messi akhirnya main bareng sama Messi. Gokil lah.

 

Menata 2023

Sejak tahun 2021 gue udah mulai terbantu dengan planner book. Lewat buku itu gue bisa ngerangkum maupun bikin rencana yang bisa dan mau dijalanin sepanjang tahun. Bagus juga sih jadi bisa lebih tertata dan terdokumentasi dengan baik. Tahun ini pun gue udah siap dan mulai menata sedikit-sedikit tentang apa yang ingin gue capai. Misalnya ngecilin perut.


Selain itu gue mau terus berkarya bareng D’Genjrenk. Mau melangkah lebih jauh, mau terbang lebih tinggi. Gak nutup kemungkinan juga tahun 20223 ini gue bakalan jalan-jalan lagi. Kangen Bali sih serius deh.


2023 baru mulai jalan satu hari. Semoga semua baik-baik aja. Termasuk diri gue dan siapapun yang percaya bahwa harapan itu masih ada. Kuat-kuatin aja ya gak.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner