-->

Senin, 22 Januari 2024

Bermain ke Dufan (yang kesembilan kalinya)





Lagi nyoba ngitung udah berapa kali ke Dufan ya,,, kayaknya lebih dari lima kali. Wait, gue itung dulu. 
Satu menit kemudian...


Oh, udah 7 kali. Kemarin (Minggu, 21 Januari 2024) adalah kunjungan gue ke 8 kali. Lumayan banyak yah. Gue ke sini pake tiket gratis soalnya bulan November kemarin band gue D'Genjrenk main di Ancol terus dikasih 10 lembar e-voucher Dufan. Lumayan banget kan. Kalau masuknya 300.000 berarti gue dapet senilai 3 juta. Wow. 


Oke, masuk ke cerita. 


Kunjungan ke 8 ini gue bareng Ani, cewek gue dan Nadya, keponakan gue. Gue sama Nadya berangkat naik motor ke Cempaka Putih terus dari situ naik kendaraan umum sampai ke Ancol. Untungnya ada Transjakarta yang nganterin sampai kawasan Ancol. Ini bukan pertama kalinya gue ke Dufan naik kendaraan umum. Alternatif lain kalau dari Tangerang bisa naik KRL turun di Stasiun Kampung Bandan. 


Awalnya gue sempet ngebayangin kalau Dufan bakalan rame, layaknya gue ke sana kayak sebelum-sebelumnya. Gue pernah ke sana antrian panjang banget. Kekhawatiran ini muncul dan terasa wajar soalnya gue liat udah ada beberapa bis yang nurunin penumpang di depan Dufan. 


Waduh, rame nih. Kebayang kan yang reguler aja udah rame, apalagi ditambah rombongan. Sambil jalan ke pintu masuk utama Dufan, gue ngeliatin antrian dan ternyata masih agak sepi. Cuma ada segelintir orang, olus gue, plus orang-orang rombongan. Saking sepinya, pas tali pembatas untuk masuk antrian dibuka sama petugas, gue jalan dan sampai paling depan sebelum diperiksa security. Wew. 


***


Akhirnya sampai di dalem Dufan. Wahana awal yang dijumpai adalah New Ontang Anting. Skip. Baik gue, Ani, maupun Nadya gak ada yang suka. Sesuatu yang wajar. Gue cuma pernah sekali naik ini dan hasilnya adalah gue mual. Asli. Pengalaman buruk itu gue inget betul. Mual yang gimana ya, perut gak enak dan kepala pusing. Gak bikin gue muntah sih tapi bikin perasaan gak enak. Gue rasa Ani dan Nadya juga pernah punya pengalamanan yang sama. 


Jadinya wahana pertama yang dicoba adalah Bianglala. Di awal gue udah bilang kalau gue datang di awal-awal. Jadinya pas naik awahan ini  pun gak ada antrian yang panjang. Nyaris gak ada antrian malah. Cuma nunggu naik aja. Dan gue baru tau kalau sekarang itu untuk nikmatin wahana ini minimal 4 orang dan maksimal 6 orang. Gue yang tadinya pengen satu gondola bertiga jadi gak bisa. Akhirrnya digabung sama 3 orang random dari rombongan apa gitu. Oia, ini ada 2 rombongan yah yang gue perhatiin. 


Di Bianglala ini berasa lama banget. Gue liat ke bawah juga gak banyak antrian dan mas-mas penjaga wahana juga gak ada. Berasa disengaja sama mereka kalau durasi gue dilamain. Ya gak apa-apa juga sih. Dari durasi yang lama itu jadi bisa liat pemandangan Jakartadari ketinggian. Liat JIS, laut, gedung-gedung, sampai liat wahana lain. 


Btw pas di Bianglala ini tuh awalnya gue sempet takut lho. Soalnya kan emang gak ada jagaan yah. gak ada seat belt. Cuma kita masuk gondola terus ditutup pake pager setengah. Mana kalau kita gerak dikit bisa bikin gak seimbang. Bisa bikin panik tau. Ahaha. Apalagi kalau kita puter gondolanya lewat stir yang ada di tengah. Seru, tegang, tapi agak parno juga sih. Haha.







Lanjut wahana kedua. Turangga-Rangga alias kuda-kudaan. Salah satu alasan ke sini yah karena sepi juga sih. Ani dan Nadya gak suka yang wahana ekstrem kayak Kora-Kora. Sebenernya pengen ke Ice Age juga tapi belum buka. Jadinya kuda-kudaan aja deh.



Kalau masih pagi dan belum rame bisa pilih kuda biarbisa sederet



Abis itu lanjut ke Niagara. Tapi ini juga gue sama Nadya doang. Dan ya, antriannya gak banyak. bener-bener sepi. Berasa weekday. Efek main Niagara ini ya basah aja sih. gue gak basah yang gimana-gimana. Apa karena duduk di belakang yah? 



Selesai diguyur di Niagara. Btw itu bapak-bapak random karena gak bisa berdua. Ani gakikut jadi dia yang motoin.



Lanjut. Rumah Mirinng. Ini gue masuk bertiga dan sensasinya ya gitu aja, miring. Oia dari Rumah Miring ini gue liat antrian Rumah Riana lumayan ada antrian. tapi wajar sih soalnya wahana itu adalah wahana yang gak bisa banyak orang. Seru juga kok. Gue gak bisa ceritain kayak gimana, biar penasaran. Oh, di Rumah Riana ini kita gak boleh pegang HP lho. 


***


Sebenernya gue udah dikasih semacam bocoran bahwa dengan gue masuk dari tempat itu, gue bakal nunggu selama 60 menit. Gue pikir, ah masa sih. Orang antriannya gak rame. Buat yang udah pernah ke Ice Age, pasti pernah liat kan antriannya sampai belokan ke tempat Bumped Car? Nah gue tuh masuk dari deket pintu masuk normal. Dari titik itu 60 menit. Masa iya? Gue coba buktiin dong. 


Bener aja. ternyata emang lama. Gue gak ngerekomendasiin wahana ini, kecuali punya fast trax. Selain karena lama, kalau udah ngantri tuh susah buat keluarnya lagi. Ada beberapa titik pemberhentian yang bikin kita kayak males buat keluar. 


Kalau gue perhatiin ada perbaikan di sini. Perbaikannya adalah dibikin dudukan di sepanjang antrian. jadi pas kita nunggu karena antri tuh kita bisa duduk. Dan perbaikan kedua tuh ada upgrade karena sebelum ngantri lagi tuh pengunjung dikasih nonton video Sid lagi jelasin tentang tour-nya. 


Selebihnya ya kayak Ice Age biasa. Naik perahu. liat video, liat mammoth, dll sampai akhirnya kita dikasih kengerian dari mata merah dan kita dibawa ngejerit karena kejutan yang terjadi. Meskipun agak basah sedikit tapi oke lah. Oia yang gue rasain juga pas di sini tuh udah gak dingin kayak dulu. Perasaan gue dulu tuh di sini dingin banget, biar sesuai tema, ice. Tapi kemaren gue gak ngerasa dingin yang gimana gitu. Cuma dingin biasa aja. 


Berhubung udah basah dan pintu kelaur Ice Age ada di area belakang, gue langsung ke Arung Jeram. Ani yang pengen banget ke sini. Yaudah kami langsung ngantri dan ya lagi-lagi antriannya sedikit. Cuma ada orang ngantri di area sebelum jembatan gantung. Kalau gimana permainannya udah tau lah yah. Pokoknya maen arung jeram udah siap basah-basahan. Kalau gak siap, ya pake jas ujan aja.



Salah satu spot favorit berfoto



**


Capek... Butuh energi. Alternatif pilihan yang ada di Dufan lumayan beragam. Tadinya gue ngarahin ke McD karena gue pikir cepet ya nyajiinnya. Tapi akhirnya makan di Yoshinoya. Ini agak aneh sih makan di sini soalnya minumnya gak bisa refill. Tau gitu kan beli yang lain aja ya. Atau air mineral prima. Selisihnya lumayan banget. tapi yowis lah yah. Akhirnya bisa makan dan lanjut ke Istana Boneka soalnya biar bisa sekalian sholat. Kebetulan mushola paling luas adanya di samping Istana Boneka itu. Gue gak perlu ceritain gimana di dalem Isbon ya. Soalnya ya gitu-gitu aja sih, gak ada improvement yang berarti. 


Sholat Dzuhur sekitar jam 2 siang. Di Musholla yang agak luas itu gue sempet tidur-tidur ayam sekitar 15 menit. Lumayan lah yah. Bangunnya dibanguni Ani. Dia juga katanya pengen rebahan. Gak tau deh beneran rebahan atau gak. Minimal bisa lurusin kaki sih. Kaum renta kayak kami emang mesti lebih banyak istirahat. Haha.


Permainan berikutnya adalah Galactica. Awalnya Ani ngajak ke Arung Jeram lagi. Terus karena agak rame gue ngajak ke area Dunia Kartun. Di area inilah akhirnya bisa nyobain wahana Zig Zag. Itu lho, bumped car. Kalau dulu kan yang deket bianglala yah, nah sekarang tuh tempat itu khusus buat bocil. Kalau yang dewasa adanya di dunia kartun. 


Sebelum ke situ, gue antri gak lama buat masuk wahana Galactica. Itu juga seru menueut gue. Soalnya kita tuh kayak lagi perang kan. Pakai laser/scanner buat nembak ke titik-titik tertentu. Awalnya gue agak kesulitan buat nembak. Akhirnya bisa dan terbiasa. Solusinya karena gue geser kursi. Pistolnya lebih sensitif dan bisa scan lebih cepet. Score yang gue dapet gak banyak sih, cuma 74.000 an sekian. nadya dapet 76.000, top scorer di antara kami bertiga. 



Terus gue ke Dunia Kartun dan nunggu di wahana Zig Zag. Nunggunya lumayan lama, sektiar 30-40 menit. Ini karena diselang terus sama sepasang bocil fast trax yang berulang kali naik lagi. sampe bosen. Mungkin karena seru yah. Tapi kan jadi ngurangin jatah kita yang antri reguler. Sampai akhirnya gue dapet giliran, ternyata gue tau kenapa dia terus-terusan maen wahana itu. Itu karena seru. S.E.R.U. Seru. 


Beneran men. Sensasi ngehindarin tabrakan itu buat gue seru banget. Udah coba mau nabrak lansgung belok, mau tabrakan langsung hindar, eeehhh ditabrak dari belakang. Duaaarr. Ahahaha. Beneran seru sih menurut gue. Kayaknya kalau nanti gue ke Dufan lagi dan datang di awal-awal, wahana yang perlu gue coba pertama kali adalah Zig Zag. Dari pintu masuk langsung ke kanan, di Dunia Kartun. 


Wahana terakhir yang gue kunjungi adalah Turangga-Rangga. Yup. Kuda-kudaan. Kenapa akhirnya ke sini lagi karena kalau sore lampunya nyala. Sesederhana itu sih. Buat ngambil foto yang kece. Apalagi antriannya juga gak panjang. Selesai dari sini pulaaaang....



Makin kece pas lampunya nyala kayak gini.




***


Yak itu dia cerita gue buat hari ini. Pengalaman seru kalau ke Dufan. Kenapa yah, mungkin karena emang di jiwa ini kan ada bagian di mana kita emang perlu hiburan. Perlu dihibur dan sesekali perlu dikagetin. Gue bersyukur banget pas ke sini dalam suasana yang gak begitu rame. Apalagi dapet tiket gratisan ya. Tapi yang lebih penting adalah bisa menikmati moment bersama orang tersayang. 


Kapan ya kira-kira ke Dufan lagi? Semoga dapet tiket gratis lagi. Ahaha



Gunadi
22 Januari 2024



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner